JEJAK PANDEMI (PART 22)

JEJAK PANDEMI (PART 22)
COLOR SPLASH (2)

Teman-teman, masih saya lanjutkan tentang color splash, kali ini pakai aplikasi yang berbeda, kalau saya rasa lebih simpel dari aplikasi sebelumnya.

Ada yang sudah install aplikasi PicsArt? Sama seperti aplikasi lainnya, tersedia dalam mode gretongan dan yang pro alias berbayar. Tapi aplikasi yang gratis juga masih oke sih walaupun fiturnya terbatas.

Kalau sudah install, yuk ikuti cara membuat color splash dengan aplikasi yang tak kalah keren ini. Pertama sama seperti sebelumnya, tentukan  objek yang akan buat color splash-nya, kemudian buka aplikasi PicsArt dan klik eh kok saya nyebutnya klik, ingetnya klik mouse kalau di laptop, hehehe. Kalau di HP mah istilahnya  bukan diklik tapi di tap (sentuh) ya. Ish apaan sih, gitu aja ribut!

Kalau sudah terbuka aplikasinya, tap tanda plus (+) untuk memulai editing.

Kemudian pilih foto yang mau diedit. Saran saya cari objek yang warnanya beda antara background dengan POI-nya. Hayo, ada yang masih ingat nggak apa itu POI? Ulang deh penjelasannya, POI itu adalah point of interesest alias objek utama.

Kalau sudah ketemu objek yang mau diedit, tap tools “Effects” yang terletak di bawah menempati posisi ketiga dari kiri atau keempat dari kanan.

Pilih menu “Colors” yang letaknya di ujung paling kanan. Terus pilih “Color Splash” menu kedua dari kiri.

Setelah itu, pilih objek yang warnanya ingin tetap berwarna dengan cara menggeser lingkaran seperti yang saya tunjukkan dalam gambar di bawah. Misalnya saya ambil bagian merah saja pada gambar jamur. Hati-hati dalam menempatkan lingkaran karena bisa terkena objek lain.

Lalu atur Min dan Max Hue (ini saya nggak tahu maksudnya apa tapi tulisan di aplikasinya begitu). Usahakan seminimal mungkin warna tersisa di pada backgrond, bahkan kalau bisa warnanya hilang menjadi hitam putih.

Di gambar yang saya contohkan, masih ada warna lain yang tersisa  seperti bercak yang mengurangi kecantikan gambarnya. Oh iya, jika ada warna lain pada objek yang ingin dibuat berwarna bisa juga, caranya tap tanda plus dan lakukan hal yang sama dengan sebelumnya.

Nah, untuk mengurangi warna sisa yang terlihat seperti bercak tadi tap tanda penghapus di menu tengah bagian atas, tools yang berbentuk persegi dengan dua warna (hitam dan putih). Kemudian tap dan Muncul beberapa pilihan di bagian bawah. Lalu pilih “Erase” dan  gosokan pada bercak yang mengganggu tadi.

Ukuran diameter penghapus bisa disesuaikan dengan menge-tap tanda panah kecil di sudut kanan gambar penghapus tadi. Jika bercak tersebut berada di dekat objek gunakan ukuran penghapus yang kecil. Dan nilai hardness jangan terlalu tinggi, kemudian gosok – gosok pada bagian yang bercak tersebut.

Kalau saat menghapus tak sengaja penghapusnya mengenai objek, maka objek tersebut akan menjadi berwarna hitam. Cara mengembalikan warnanya dengan tap gambar kuas bertuliskan “Restore” yang terletak kedua dari kiri. Lalu gosok-gosok perlahan pada objek yang menghitam tadi.

Jika semua bercak sudah hilang simpan gambar tersebut dengan cara tap tanda ceklis di pojok kanan atas. Tara … Ini hasil akhirnya, yang tersisa hanya warna merah saja, sementara yang lainnya hitam putih.

Sebagai finishing tap share yang ada di pojok kanan atas juga, terus save di galeri.

Selesai deh cara membuat color splash di PicsArt. Gimana? Lebih mudah snapseed atau PicsArt? Silakan jawab di kolom komentar khususnya untuk yang sudah mempraktekan.

_Wina Elfayyadh_