JEJAK PANDEMI (PART 21)

JEJAK PANDEMI (PART 21)
COLOR SPLASH

Pernahkah teman-teman Melihat gambar berwarna di antara gambar hitam putih. Contohnya gambar seperti di bawah ini.

Sumber: Pinterest

Kalau sebelumnya saya pernah tuliskan tentang splashing fotografi yang hasilnya keren banget walau butuh perjuangan ekstra untuk mendapatkannya. Nah, kali ini saya mencoba tuliskan apa yang saya ketahui tentang color splash.

Ini adalah salah satu edit foto kekinian dan banyak disukai. Jadi tidak ada salahnya kita ikut mempelajari juga. Insya Allah saya akan tuliskan step by step agar mudah dipraktekkan sendiri.

Seperti yang terlihat dalam gambar di atas, color splash bermain di warna. Dalam istilah fotografi disebut teknik selective coloring. Kita bisa memilih bagian mana yang akan diberi warna, selebihnya diberi warna hitam putih.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit foto seperti ini banyak, namun yang akan saya tuliskan hanya di dua aplikasi saja yaitu snapseed dan pics art. Gara-gara penasaran dan ingin tahu caranya, saya mencoba eksplorasi alias ngotak ngatik aplikasi tersebut. Alhamdulillah berhasil.

Btw, kalau teman-teman belum install aplikasinya silakan install dulu ya. Boleh install dua-duanya atau salah satu saja. Insya Allah dengan mengikuti alur yang saya tuliskan teman-teman bisa kok praktek sendiri.

Kita mulai di snapseed ya!

Langkah pertama, tentukan dulu foto yang akan kita edit. Setelah itu buka aplikasi snapseed. Kemudian pilih “Tool/Alat” yang terletak di tengah bagian bawah Lalu pilih “Black and White/Hitam dan putih”.

Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi

Setelah klik “Black and White” hasil gambarnya seperti ini:

Sumber: Dokumen Pribadi

Lihat perubahannya, dari gambar full warna setelah dipilih tool tersebut menjadi hitam putih. Nah, model hitam putihnya ada 6 pilihan dari mulai netral, kontras, cerah, gelap, film, dan langit gelap. Silakan dipilih salah satu, jangan lupa klik tanda centang kalau sudah menentukan pilihan.

Sumber: Dokumen Pribadi

Setelah itu, perhatikan di bagian sudut kanan atas, ada 3 ikon yang terlihat, teman-teman pilih ikon yang ketiga yaitu “Layer Setting” yang berbentuk kubus dengan panah. Jika diklik akan keluar suntingan pada menu yang terbuka.

Di sana terlihat ada 5 pilihan, silakan pilih option ke 4 dari atas atau kedua dari bawah (lihat pengeditan).

Sekarang perhatikan ke sudut kanan bawah, klik filter “Black & White/Hitam dan Putih”. Lalu pilih ikon “Stack Brush“, yang berada di tengah antara ikon tempat sampah dan ikon tiga garis vertikal. Selanjutnya tentukan objek yang ingin dibedakan warnanya, misalnya saya ambil bagian bunga yang berwarna merahnya saja.

Setelah itu, sesuaikan pengaturan Brush dengan klik ikon kedua dari sudut kiri bawah yang berbentuk gabungan dari segitiga dan lingkaran. Kurangi parameter hitam putih menjadi angka 0 (nol).

Gunakan jari (sebagai pengganti kuas) untuk menyeleksi gambar yang ingin diwarnai. Caranya mudah, tinggal digosok-gosokan saja pada objek yang mau diwarnai. Ukuran kuas bisa diatur dalam bentuk besar atau kecil dengan cara zoom out gambarnya. Saat gambar diperbesar akan muncul kotak navigasi berwarna biru di sekitar gambar yang menjadikan indikasi ukuran kuas yang sedang dipakai.

Setelah semua diwarnai klik ikon centang sebagai tanda selesai. Beres deh dan hasilnya sangat cantik.

Don’t forget to save our project, ish … Apaan sih sok kebule-bulean padahal masih doyan nasi, hihi. Jangan lupa simpan gambar ke galery dengan klik Export > Save dalam menu aplikasi.

Begitulah cara membuat color splash dalam aplikasi snapseed. Kalau dalam pics Art lebih mudah lagi. Mau tahu caranya? Tunggu di tulisan berikutnya ya, sekarang sudah ditunggu oleh tugas negara demi menyuap para cacing di perut agar berhenti demo.

_Wina Elfayyadh_