Inilah 4 Janji Allah Bagi Orang Bertaqwa

Inilah 4 Janji Allah Bagi Orang Bertaqwa

Menurut bahasa, takwa berasal dari bahasa arab  dengan kata dasar waqa, yang berarti melindungi, menjaga, hati-hati. Sedangkan menurut istilah, takwa adalah melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan menjauhi segala laranganNya. Perintah dan larangan Allah SWT termaktub dalam kitab suci alquran dan dijabarkan lebih luas dalam hadis-hadis nabi.

Dalam surat at Talak (QS ke-65) ayat 1-5, dengan jelas Allah sampaikan janji-janjiNya bagi orang-orang yang bertakwa.

1. Diberikan jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada.

Dalam sebuah perjalanan akan ada jalan menurun dan menanjak dengan berbagai rintangan dan tantangan. Begitu juga perjalanan hidup ini, akan ada masalah yang kita temui dan alami. Bagi hambaNya yang bertakwa, masalah akan diterima dengan penuh rasa syukur, ikhlas menjalaninya. Maka Allah berikan kemampuan pada mereka untuk menyelesaikan masalah.

2. Diberikan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Orang yang bertakwa menjalankan ibadah dengan ikhlas, hanya mengharap rida Allah semata. Allah berikan ganjaran pada mereka dengan mendatangkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

3. Diberikan kemudahan dalam setiap urusannya.

Selama seseorang bertakwa, ia akan selalu bertawakal pada Allah dalam menjalani urusannya. Usaha dan upayanya selalu dibarengi dengan do’a. Kemudian menyerahkan keputusan akhirnya padaNya. Maka Allah anugerahkan kemudahan dalam menjalani urusan mereka.

4. Diampuni dosa-dosanya dan dilipat gandakan pahala baginya.

Orang yang bertakwa akan senantiasa beristigfar, memohon ampun atas dosa-dosanya. Mereka akan selalu berhati-hati dalam bertindak, menjauhi apa yang dilarang dalam agama. Perbuatan baik mereka sekecil apapun akan mendapatkan pahala. Maka Allah tak akan pernah ingkar dari janjiNya.

Masya Allah, begitu besarnya cinta Allah terhadap makhluknya yang takwa, patuh dan ta’at. Allah pasti menunaikan janjiNya tanpa ada yang bisa menghalangi. Hanya, terkadang kita lalai untuk mewujudkan janji Allah, lupa memantaskan diri agar layak memperoleh janjiNya.

Semoga kita semua selalu istikomah dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Aamiin

2 comments