INFEKSI SALURAN KEMIH

Bagaimana rasanya ketika kita mengetahui anak kita yang belum berumur satu tahun didiagnosa dokter menderita sakit ISK (Infeksi Saluran Kemih)?

Sudah dua pekan ini Sarah perhatikan suhu tubuh Aisyah selalu naik turun saja. Sudah dua dokter berbeda didatanginya tapi masih tetap sama saja. Diagnosa antara DBD dan Thypus membuat Aisyah bolak-balik ke lab untuk diambil sample darahnya dan selanjutnya diperiksa. Namun hasilnya normal dan demam masih terus datang dan pergi.

Pekan ketiga, Aisyah masih saja demam bahkan hingga mencapai angka 39,8°C. Sarah segera membawa Aisyah ke unit gawat darurat di rumah sakit khusus ibu dan anak terdekat. Tindakan cepat dilakukan oleh dokter dengan memasukkan obat penurun panas sup yaitu obat yang dimasukkan melalui lubang anus dengan tujuan agar reaksinya lebih cepat.

Alhamdulillah, suhu tubuh Aisyah berangsur turun mendekati nilai normal. Dokter memberikan resep obat turun panas. Tak lupa dengan catatan jika dalam waktu 3 hari masih demam, Aisyah diminta kembali datang berobat.

Tiga hari sudah berlalu, keadaan Aisyah masih saja sama dengan hari-hari sebelumnya. Ngeri membayangkan Aisyah akan diambil darahnya lagi, membuat Sarah sedikit putar otak agar pemeriksaan Aisyah efektif dan tepat diagnosa kali ini.

Akhirnya Sarah mencoba menghubungi Lita, temannya yang bekerja di rumah sakit dekat tempat tinggalnya.

“Ta, maaf ganggu. Mau tanya nih Ta, kalau karyawan di rumah sakit tempat kamu bekerja anaknya sakit, biasanya dibawa ke dokter siapa?” tanya Sarah.

“Kalau kami biasanya ke dr. Iwan, spesialis anak,” jawab Lita.

“Oke, terima kasih Lita. Aku mau coba cek jadwal praktek dr. Iwan deh setelah ini,” sahut Sarah cepat.

“Aisyah sakit Sar?” tanya Lita.

“Iya, demam naik turun terus, sudah tiga pekan seperti ini Ta,” jawab Sarah sendu.

“Ya sudah, jangan dimatikan teleponnya ya? Tunggu, aku langsung sambungkan ke bagian pendaftaran!” perintah Lita.

“Baik Ta, terima kasih banyak ya,” sahut Sarah.

***Bersambung

Bagaimana cara dokter mendiagnosa Aisyah sehingga diketahui ada infeksi di saluran kemihnya? Simak lanjutan ceritanya yaaa.

Nubarnulisbareng/Ria Fauzie