#Ibadah di Rumah Aja (Kekompakan)

Kekompakan

Tibalah saat yang paling dinanti umat muslim disemua penjuru dunia yaitu tibanya bulan suci ramadhan. Bicara di Rumah saja pastinya berkaitan dengan keluarga. Aktifitas ibadah yang seharusnya dilakukan di Masjid dilakukan di Rumah. Pasti ada beberapa kebiasaan yang harus disesuaikan terkait dalam ibadah sholat ataupun mengaji. Ataupun hal lainnya.

Ibadah bukan hanya melakukan sholat dan mengaji saja, namun didalam sehari-hari jika kita melakukan hal-hal baik yang Allah suka itu juga merupakan bagian dari ibadah.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekompakan dalam melaksanakan ibadah di rumah saja ini antara lain

  1. Menentukan target yang realistis
    Misalnya dalam bacaan al-quran dan dalam menambah wawasan tentang agama.

  2. Memilih menu makanan
    Mengapa hal ini bisa dijadikan untuk melatih kekompakan karena, menu-menu yang sudah ditentukan oleh anggota keluarga artinya sama-sama sudah disepakati.

  3. Memilih waktu-waktu untuk melakukan sholat bersama
    artinya anggota keluarga berkomiten untuk memenuhi tanggung jawab yang sudah ditentukan.

  4. Membersih rumah
    Setiap anggota keluarga diberikan tanggung jawab yang sama untuk tetap menjaga kebersihan rumah.

Masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan untuk melatih kekompakan ibadah di rumah. Namun disini akan dijelaskan apa makna dari kekompakan, berdasarkam kamus besar bahasa indonesia.

Kekompakan berasal dari kata dasar kompak. Kekompakan memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kekompakan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.