Hikmah di balik Musibah

Hai, Sobat Nubar Rumedia!

Sudah tiga pekan ini social distancing dijalani. Wabah pandemi corona membuat anak-anak harus belajar di rumah dan orangtua pun work from home. Otomatis selama itu pula anggota keluarga bisa berkumpul lebih lama dari hari-hari biasanya.

Akan selalu ada hikmah dibalik musibah. Yang biasanya pagi-pagi sudah sibuk dengan rutinitas persiapan sekolah dan kerja, sarapan tergesa-gesa, pergi sekolah dan bekerja, sore hari baru bisa berkumpul lagi, kini pagi hari dilalui dengan santai dan semua anggota keluarga lebih sering berkumpul. Banyak juga waktu luang yang dimiliki keluarga.

Apa saja kegiatan selama stay at home, Sobat?

Apapun kegiatannya, semoga itu bermanfaat dan membawa berkah dalam keluarga. Intinya kita dapat mempergunakan waktu luang dan kesempatan ini untuk melakukan yang terbaik.

Saya teringat pada hadis Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu, “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang.” (HR Bukhari).

Hadits ini memberitakan kepada kita bahwa waktu luang adalah nikmat yang besar dari Allah Ta’ala, tetapi banyak manusia yang tertipu dan mendapat kerugian. Terlena dengan waktu luang yang dilewatkan hanya dengan berleha-leha.

Yuk, Sobat, manfaat waktu luang yang kita miliki untuk melakukan hal yang produktif. Seperti menulis, misalnya. Atau melakukan hobi yang selama ini tertunda karena kesibukan. Karena waktu yang telah dilalui tak mungkin kembali lagi. Pepatah Arab mengatakan, “Tidak akan kembali hari-hari yang telah berlalu.”

Keep healthy, stay at home, and do the best.

NubarRumedia/yuyunkho