Hebohnya Emak-emak Nobar Baeksang Award

Hebohnya Emak-emak Nobar Baeksang Award

Suasana nobar online di grup drakor dan Literasi KLIP

Sebelumnya saya pernah menulis soal kuis jika kamu jatuh cinta, kira-kira jadi tokoh dalam drakor apa? Kuis tersebut diberikan di dalam sebuah grup whatsapp drakor (drama Korea) dan literasinya KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional). Kok bisa ada grup ini, sih? Iya, grup ini ada karena kami sama-sama hobi nulis dan nonton drakor. Karena takut mengganggu grup utama KLIP, jadilah terbentuk grup ini.

Namanya ibu-ibu yang memang harus mengeluarkan 2000 kata per hari dan tetap menjaga kebahagiannya dalam pengasuhan anak-anak, jadilah kemarin, Jumat 5 Juni, kami tak sengaja mengadakan nonton bareng (nobar) acara penghargaan bagi insan pertelevisian dan perfilman Korea, yang disebut Baeksang Awards.

Acara nobar ini, adalah kali kedua setelah sebelumnya nobar tentang edisi spesial dari drakor Hospital Playlist (HP) . Sebagian anggota grup drakor dan literasi KLIP terkena HP fever. Jadilah kami nonton bareng edisi spesial nya.

Edisi spesial Hospital Playlist

Ternyata seru, jadilah kami nobar lagi secara tak sengaja karena sifatnya sukarela ya, nobar ini, yaitu menyaksikan ajang penghargaan bagi sineas televisi dan perfilman di Korea. Menurut kami yang suka dengan nonton drakor, perlu juga kami mengetahui drama atau film terbaik yang dipilih dari ajang penghargaan. Mengapa? Hal ini kami lakukan guna menjadi bahan diskusi kami menulis juga.

Sebab kami bisa berdiskusi drakor yang terpilih menjadi pemenang itu baiknya dari sisi mana. Apalagi setiap dari kami punya drakor favoritnya masing-masing. Jadi, kalau pas yang favorit terpilih menang itu rasanya bonus.

Namanya Emak-emak yang memang suka berbicara. Pas, lagi nobar online ini dilakukan juga tetap ikutan mengomentari di grup. Jadilah di grup ramai, walaupun nonton penghargaan berlangsung juga. Apalagi ada muka-muka idola kami di sana. Ya, tambah ramai, hehehe.

Drakor kesukaan saya mendapatkan penghargaan drama terbaik yaitu Stove league. Lalu, drama yang juga saya tonton sampai selesai karena suka dengan pemeran utamanya yaitu Kang Ha Neul, yang mendapatkan penghargaan sebagai pemeran utama pria terbaik dan Gong Hyo Jin, yaitu When Camellia Blossom, mendapatkan Daesang atau Grand Prize. Salah satu penghargaan tertinggi dalam ajang bergengsi Korea. Cukup senang mengetahui kalau drakor yang saya nikmati saat menonton dapat penghargaan. Tapi lebih senang karena nontonnya bareng-bareng Emak-emak kece, hehehe.

Eh ngomong-ngomong, drakor yang viral dengan cerita perselingkuhannya itu juga memenangkan penghargaan, lo. Drakor The World of the Married, mendapatkan 2 penghargaan, yaitu penghargaan Sutradara Terbaik dan Aktris Drama Terbaik. Siapa yang kemarin, merasa menonton ceritanya dan ikutan baper (terbawa perasaan)? Ternyata cerita seperti itu juga menjadi favorit di Korea, hehehe.

Oke, biar sobat nulis bareng, enggak penasaran siapa saja yang memenangkan penghargaannya, saya kasih list pemenangnya. Inilah list pemenang penghargaan Baeksang Awards 2020,

Kategori Drama

Grand Prize (TV Daesang):
When the Camellia Blooms

Drama Terbaik:
Stove League

Sutradara Drama Terbaik:
Mo Wan-il – The World of the Married

Naskah Drama Terbaik:
Lim Sang-choon – When the Camellia Blooms

Aktor Drama Terbaik:
Kang Ha-neul – When the Camellia Blooms

Aktris Drama Terbaik:
Kim Hee-ae – The World of the Married

Aktor Pendukung Drama Terbaik:
Oh Jung-se – When the Camellia Blooms

Aktris Pendukung Drama Terbaik:
Kim Sun-young – Crash Landing On You

Aktor Baru Drama Terbaik:
Ahn Hyo-seop – Dr. Romantic 2

Aktris Baru Drama Terbaik:
Kim Da-mi – Itaewon Class

Technical Award:
Jeong Yeon-wook – Great Escape 3

TikTok Popularity Award:
Hyun Bin dan Son Ye-jin – Crash Landing On You

Bazaar Icon Award:
Seo Ji-hye – Crash Landing On You

Kategori Film

Grand Prize:
Sutradara Bong Joon-ho – Parasite

Film Terbaik
Parasite

Sutradara Terbaik:
Kim Bo-ra – House of Hummingbird

Sutradara Baru Terbaik:
Kim Do-young – Kim Ji-young: Born 1982

Naskah Film Terbaik:
Lee Sang-geun – EXIT

Aktor Film Terbaik:
Lee Byung-hun – The Man Standing Next

Aktris Film Terbaik:
Jeon Do-yeon – Happy Birthday

Aktor Pendukung Film Terbaik:
Lee Kwang-soo – Inseparable Bros

Aktris Pendukung Film Terbaik:
Kim Sae-byuk – House of Hummingbird

Aktor Baru Film Terbaik:
Park Myung-hoon – Parasite

Aktris Baru Film Terbaik:
Kang Mal-geum – Lucky Chan-sil

Technical Award:
Kim Seo-hee – The Man Standing Next

Sumber: https://m.cnnindonesia.com/hiburan/20200605183728-220-510379/daftar-lengkap-pemenang-baeksang-arts-awards-2020

Nubar-Nulis-Bareng/Lithaetr