HARI KELIMA

Hari terakhir PAT, merupakan hari yang dinanti. Hari dimana masih dag dig dug tqpi ada sedikit senang karena ujian akan segera berakhir. Hari dimana, setelah ini bisa bersantai tapi belum bisa tenang karena masih menunggu hasil.

Seperti biasa pagi hari, selesai sarapan lalu bersiap untuk ujian. Kali ini yakin laptop sudah terisi daya penuh. Kuota juga sudah dicek, masih cukup untuk ujian kali ini.

Berdoa sebelum ujian agar berjalan lancar tanpa hambatan. Pukul 06.30, mulai masuk laman ujian. Mengerjakan soal dengan hati-hati. Tak lupa memeriksa kembali jawaban sebelum memutuskan untuk mengklik tombol selesai.

Selesai jam pertama ada waktu istirahat sejenak. Senam-senam ringan untuk mengurangi pegal. Tak lupa minum dan ngemil untuk menambah fokus dan kebugaran tubuh.

Istirahat sudah usai, ujian jam kedua pun dimulai. Kembali fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan soal ujian jam kedua. Perlahan dan hati-hati agar tak salah memilih jawaban.

Selesai mengerjakan, jawaban kembali diperiksa. Kadang maksud hati menjawab A sering yang terpilih jawaban B. Memeriksa semua dari awal sampai akhir, agar tak ada kesalahan.

Alhamdulillah, selesai jua ujian jam kedua. Laman ujian sudah ditutup. Laptop pun sudah dimatikan. Tak lupa membereskan semua peralatan di meja.

Ujian kali ini berjalan lancar. Tidak ada kendala sedikitpun. Sekarang yang bisa dilakukan hanya tinggal berdoa. Berharap hasil akhirnya adalah yang terbaik dan tidak mengecewakan. Semoga ya nak ….

Nubarnulisbareng/Ria Fauzie