HAK ASASI MANUSIA

HAK ASASI MANUSIA
———————————

Pengertian HAM

Sepertinya sudah tidak asing lagi dengan istilah HAM. Namun, apa yang ada dibenak kalian saat mendengar kata tersebut?

Ari Welianto dalam KOMPAS.com menyebutkan bahwa Hak Asasi Manusia (HAM) adalah hak dasar yang dimiliki oleh manusia sejak lahir.

Sementara Rizka Zakiya dalam saintific.com menuliskan Hak Asasi Manusia (HAM) adalah konsep hukum dan normatif yang menyatakan bahwa setiap manusia memiliki hak yang melekat pada dirinya. Hak asasi manusia berlaku kapanpun, dimanapun, dan kepada siapapun.

Masih di laman yang sama, tertulis pengertian HAM menurut para ahli yang antara lain:
1. Menurut John Locke, HAM merupakan hak yang langsung diberikan Tuhan kepada manusia sebagai hak yang dikodrati. Oleh sebab itu tidak ada kekuatan di dunia ini yang bisa mencabutnya. HAM memiliki sifat mendasar dan suci.
2. Jan Materson menyebutkan HAM adalah hak-hak yang ada pada setiap manusia yang tanpanya manusia mustahil hidup sebagai manusia.
3. Miriam Budiarjo mengatakan bahwa HAM adalah hak yang dimiliki setiap orang sejak lahir di dunia. Hak itu sifatnya universal, karena hak dimiliki tanpa adanya perbedaan. Baik ras, gender, budaya, suku, dan agama.
4. Prof. Koentjoro Poerbopranoto menjelaskan bahwa HAM merupakan suatu hak yang bersifat mendasar. Hak yang dimiliki manusia sesuai dengan kodratnya yang pada dasarnya tidak bisa dipisahkan sehingga bersifat suci.

Selain para ahli di atas, gurupendidikan.co.id menambahkan pengertian dari Dr. Dardji Darmodiharjo, S.H.
Menurut beliau,  HAM adalah hak-hak dasar/pokok yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Dilansir oleh dunia.pendidikan.co.id, HAM memiliki beberapa ciri khusus bila dibandingkan dengan hak-hak yang lainnya. Antara lain:
1. Tidak dapat dicabut, tidak dapat dihilangkan atau pun diserahkan.
2. Tidak dapat dibagi, semua orang berhak untuk mendapat semua hak, baik itu hak sipil, hak ekonomi, politik, sosial, juga budaya.
3. Hakiki, HAM merupakan hak asasi semua manusia yang sudah ada sejak manusia lahir.
4. Universal, HAM berlaku bagi semua orang tanpa memandang status, jenis kelamin, suku, atau pun perbedaan yang lainnya.

HAM di Indonesia

Indonesia memperingati hari Hak Asasi Manusia setiap tanggal 10 Desember setiap tahunnya.

Dengan diadakan peringatan hari HAM diharapkan  penegakan HAM di tahun mendatang lebih baik dari tahun sebelumnya. Mengingat masih banyak kasus pelanggaran HAM secara nasional maupun internasional, baik ringan maupun berat belum tertangani secara maksimal.

Berbicara terkait pelanggaran HAM, gurupendidikan.co.id, menyebutkan bahwa Kasus pelanggaran HAM ini dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu bersifat berat dan kasus pelanggaran biasa.

Kasus pelanggaran HAM yang bersifat berat, meliputi: pembunuhan masal (genosida), penyiksaan, penghilangan orang secara paksa, perbudakan atau diskriminasi yang dilakukan secara sistematis.

Sementara yang termasuk kasus pelanggaran HAM yang biasa, meliputi: pemukulan, penganiayaan, pencemaran nama baik, menghalangi orang untuk mengekspresikan pendapatnya, dan menghilangkan nyawa orang lain.

Contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang pernah terjadi misalnya kasus Petrus atau penembakan misterius tahun 1982-1985, kasus Tanjung Priok (1984), kasus terbunuhnya Marsinah, seorang pekerja wanita PT Catur Putera Surya Porong, Jatim (1994), Kasus terbunuhnya wartawan Udin dari harian umum Bernas (1996), tragedi Semanggi dan kerusuhan pada Mei Tahun 1998.

Indonesia juga memberikan apresiasi terhadap penegakkan HAM, misalnya pemberian penghargaan kepada Provinsi DKI Jakarta dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang dinilai berhasil melaksanakan tujuh kriteria HAM sebagaimana yang dipaparkan oleh Singgih Wiryono dalam megapolitan.kompas.com

Referensi:
1. https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/22/200000369/ham-arti-dan-macamnya
2. https://saintif.com/pengertian-ham/
3. https://www.gurupendidikan.co.id/sejarah-ham/
4. https://dunia.pendidikan.co.id/definisi-hak-asasi-manusia/

5. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/12/24/07530041/dki-jakarta-raih-penghargaan-kota-peduli-ham-anies–kerja-sunyi-kini

Sumber gambar: Pinterest

_Wina Elfayyadh_

#Nubar
#NulisBareng
#Level3
#BerkreasiLewatAksara
#menulismengabadikankebaikan
#week4day5
#RNB016JABAR
#rumahmediagrup