GAGAL BERBURU TAJIL DI MESJID

Hari ketiga ramadhan, aku menjemput De Hasbi dari mesjid tempatnya mengaji. Ini adalah hari pertama De Hasbi mengaji di program khusus ramadhan. Dimulai pukul 16.00 hingga selesai 17.30. Jadilah aku menjemputnya pukul 17.30.

Sebelumnya aku berencana untuk buka syaum di mesjid karena tadi siang pa ustadnya menawarkan demikian. Katanya, walau jadwal mengaji sampai pukul 17.30 tapi selama bulan puasa boleh sampai magrib untuk menikmati tajil yang tersaji dari para orang tua yang mengirimkan aneka jenis makanan untuk buka puasa.

Tapi sesampainya di mesjid, belum juga kumatikan motor, de Hasbi sudah langsung aja menclok di boncengan belakang. Ya sudah aku pun tak jadi parkir dan melajukan kembali motor ke arah pulang. Tak lupa kami pamit ke pak ustad yang berdiri di pintu mesjid.

Di perjalanan de Hasbi mengoceh “Bu, sebenarnya Abi pingin buka di mesjid loh tadi, tapi takut kata ibu ga boleh jadi Abi diem aja langsung naik motor ibu mau pulang”

“Lho …Ibu juga tadi niat buka di mesjid kok, tapi pas tiba tiba Abi udah naik motor ya udah ibu juga langsung berangkat aja” aku menanggapi ocehannya sambil agak menyayangkan kami tidak membahas ini tadi saat masih di halaman parkir mesjid.

“Ah ibu mah, padahal tadi ada nasi kotak sama minuman dingin thai tea kayaknya enaaakk bangett…” Dari nada suaranya tersirat de Hasbi agak sedih dan kecewa saat bercerita tentang menu tajil di mesjid.

Aku mengerti lalu aku menawarkan untuk kembali ke mesjid.
“Oh gitu ya, hayu atuh kita balik lagi aja? Abi pingin banget ya nasi kotaknya?”

“Bukan cuma nasi kotaknya tapi minumannya itu loh, aduduh …pingin banget …tapi sudah jauh ah sudah mau nyampe ya udah besok aja lagi” Jawabnya.

“Wah …iya juga ya kita udah jauh kalau balik lagi …sip lah kalau gitu besok aja ya insyaAllah Ibu temani Abi buka di mesjid ya” Hiburku.

“Ok deh…” Katanya menutup pembicaraan kami.

Tak terasa kami pun sampai di rumah dan adzan pun berkumandang. Segera de Hasbi lari berburu tajil yang tersedia di rumah saja.

Hosting Unlimited Indonesia