EVENT ANTOLOGI KEMANUSIAAN DARI AREA SUMATERA

Pertama kalinya aku terbersit ide untuk mengadakan event bertema kemanusiaan ini sebenarnya sudah lama. Karena aku pernah mengikuti beberapa antologi keroyokan, yang mana hasilnya untuk disumbangkan. Jadi sudah nulis, diwajibkan beli buku, tapi hasil keuntungannya untuk disumbangkan.

Rugi? Iya kalau niatan kita menulis semata untuk royalti. Tapi aku tidak. Meski jujur, ada keinginan untuk bisa “menjual” tulisan namun hingga saat ini aku masih mempertahankan gelar sebagai “penulis serampangan” atau “penulis mood-moodan.” Hihihi. Nulis kalau memang sesuai kata hati, tanpa memikirkan untung rugi.

Anyway, maka dikarenakan dunia sudah memasuki tahun ke-2021, dan dengan begitu banyak hal terjadi di negeri kita tercinta, Indonesia, seakan bisik batin semakin mengusik, “Em, inilah saatnya. Jangan ditunda lagi.”

Jadilah sebuah event antologi yang sudah kurancang dengan tujuan hasil untuk disumbangkan. Ini dia:

Judul: Karena Aku Ada Untukmu
Tema: surat untuk saudara kita yg tertimpa musibah
Tagline: kehilangan, musibah, korban bencana
Jenis tulisan: ungkapan berbentuk surat
DL: 28 Februari 2021

Maksud dan tujuan: Indonesia berduka. Belum juga usai pandemi Covid-19 yg melanda di Indonesia. Masih pula diwarnai berbagai musibah yang menimpa Indonesia. Mulai dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air, Gempa di Mamuju, hingga Banjir di Kalimantan Selatan.
Seakan belum cukup ujian melanda negeri kita tercinta.

Sesungguhnya setiap manusia adalah saudara. Maka tuangkanlah empatimu dalam bentuk tulisan. Anggaplah sedang menulis untuk saudara kita di sana. Bukankah lebih baik, di bulan yg katanya bulan kasih sayang, kita menunjukkan kasih sayang pada sesama manusia?

Hasil keuntungan PJ akan disumbangkan via ACT (Aksi Cepat Tanggap), dan bisa ditambah bila kontributor ingin keuntungan penjualan buku juga disumbangkan (tidak dipaksakan).

PJ saya sendiri, selaku manajer area Sumateranya langsung, an Emmy Herlina, WA 085273642724

Selain bahwa fee PJ akan saya sumbangkan, teman-teman yang ingin ikut berkontribusi juga boleh ikut. Tapi tidak dipaksakan. Karena memang suatu kebaikan harus datang dari lubuk hati, tidak dipaksa. Namun bila memang ingin, dengan senang hati akan saya tampung sebagai PJ. Bila ingin mengikuti sekadar mengasah kemampuan menulis pun monggo, sah-sah saja. Tidak apa-apa. (Insya Allah, dari fee PJ sudah lumayan, karena setara dengan logam mulia seukuran 0,25 gram.)

Masya Allah. Berkah dari Rumedia yang selalu memberikan yang terbaik. Apalagi sekarang sudah ada ketentuan baru, diskon penulis dinaikkan. Begitu pula honor untuk PJ. So, siap bergabung menjadi bagian dari Nubar Rumedia?

Jangan lupa baca juga: https://nubarnulisbareng.com/snk-nubar-terbaru-2021-spesial-area-sumatera/

NubarAreaSumatera/EmmyHerlina