Efek Samping Sholat Dhuha

Efek Samping Sholat Dhuha

Assalamu’alaikum sahabat semuanya, tulisan ini saya buat dalam rangka mengingatkan diri sendiri yang masih suka lalai dan lupa melaksanakan salat sunah Dhuha. Niatnya sih mau rutin tiap hari salat, tapi terkadang kalau sudah banyak agenda suka kelewat begitu saja. Mumpung WFH dan Ramadan, inilah saatnya meluruskan niat dan memperbaiki ibadah.

Salat Dhuha adalah salat sunah yang memiliki banyak keutamaan. Makanya, sayang sekali kalau kita lewatkan. Namun, karena ini hukumnya bukan wajib, kadang ada perasaan, “Ah, sunah ini, bisa nanti aja kalau sempet ngerjainnya.”

Itu saya lho ya yang begitu, teman-teman insya Allah lebih baik dari saya. 😊 Makanya sengaja saya buat tulisan ini untuk menekan “rasa abai” terhadap ibadah yang satu ini. Padahal waktunya sangat panjang karena bisa dikerjakan sejak terbitnya matahari sampai menjelang datangnya shalat Zuhur. (Ya Allah, ampuni hamba yang melalaikan waktumu begitu saja dan lebih fokus pada urusan pekerjaan duniawi saja 😢).

Beberapa efek samping jika kita merutinkan salat Dhuha yang berhasil saya kumpulkan:

1. Tergolong sebagai orang yang taubat

Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim).

Maa syaa Allah, untuk konsisten baca istighfar saja kadang masih banyak lupanya. So, jangan lewatkan salat Dhuha ya Guys, agar kita tergolong orang yang bertaubat. Semoga Allah mengampuni segala dosa yang kita perbuat.

2. Kabar gembira, ada pintu surga khusus lho!

Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).

Untuk masuk surga memang tidaklah mudah. Penuh perjuangan dan keistikamahan. Termasuk dalam salat Dhuha. Allah memberikan balasan kepada orang yang konsisten mepaksanakan salat Dhuha dengan memberikan pintu khusus. So, barangsiapa yang menginginkan surga, istikamahlah. Barangkali salah satu amalan itulah yang mengantarkan kita ke pintu surga.

3. Allah memberikan kecukupan rezeki

Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda`).

Dengan melakukan salat Dhuha, maka Allah akan mencukupkan rezekinya hari itu, insya Allah. Jadi, jangan ragu untuk salat Dhuha untuk keberkahan hidupmu.

4. Mendapatkan pahala sedekah

Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Muslim).

Jika selama ini kadang kita merasa kesulitan untuk mengeluarkan sedekah. Jangankan buat infak, untuk makan sehari-hari saja kadang kurang. Paling banter sedekah hanya dengan senyum saja. Tapi sahabat, jangan khawatir, jika sedang mengalamai hal tersebut, maka salat Dhuhalah maka tanpa kita sadari kita telah melakukan sedekah walaupun dalam kondiai kekurangan.

5. Diampuni dosa

Siapa yang membiasakan (menjaga) salat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Ini efek samping yang luar biasa. Tidak ada manusia yang luput dari salah, khilaf, dan dosa. Maa syaa Allah, dengan salat ini dosa kita akan diampuni. Maka, barangsiapa yang dosanya ingin diampuni, bersegeralah menuju ampunan Allah.

Semoga semakin semangat melakukan salat Dhuha ya sahabat semuanya.

rumahmediagrup/wina_elfayyadh