Dengan Pandemi Covid-19, Allah Membantu Kita Mempersiapkan Diri Menyambut Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan penuh keberkahan, tak heran bulan Ramadhan sangat dinanti-nanti oleh seluruh umat islam. Pada bulan Ramadhan umat islam melaksanakan berbagai macam ibadah, seperti puasa, tadarus al-qur’an, tarawih, dan masih banyak lagi. Bulan Ramadhan ini menjadi bulan untuk beribadah, karena bulan ini sangat mulia. Banyak kemuliaan dan keistimewaan di bulan Ramadhan ini. Keistimewaan bulan Ramadhan ini, diantaranya:

1. Di bulan Ramadhan terdapat lailatul qadar.
2. Di bulan Ramadhan diturunkanya Al-Qur’an.
3. Di bulan Ramadhan setiap amalan dilipatgandakan pahalanya.
4. Di bulan Ramadhan dikabulkannya do’a.
5. Di bulan Ramadhan penuh dengan keberkahan.


Sudah tahu kan betapa istimewanya bulan Ramadhan? Untuk bisa mendapatkan semua keistimewaan itu tentu tidaklah mudah. Kita harus bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan Ramadhan.

Beribadah di bulan Ramadhan pun berat rintangannya. Tak jarang di bulan Ramadhan banyak yang malah jatuh sakit. Agar hal tersebut tidak terjadi pada diri kita, kita harus mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari.

Rasulullah SAW sesungguhnya telah memberikan tuntunan bagaimana cara mempersiapkan diri menyambut Ramadhan. Dari segi persiapan fisik, Rasul mempersiapkan diri dengan mengintensifkan ibadah puasa di bulan Rajab dan Sya’ban agar nantinya terbiasa dan mampu maksimal menjalankan puasa Ramadhan sebulan penuh.

”Aku tidak pernah melihat beliau (banyak berpuasa) dalam suatu bulan kecuali bulan Sya’ban. Beliau (Rasulullah SAW) berpuasa pada kebanyakan hari di bulan Sya’ban,” kata Aisyah ra dalam hadist riwayat Al-Bukhari: 1868 dan Muslim: 782.

Rasul juga mempersiapkan diri dari segi mental. Caranya dengan memberikan kabar gembira tentang kabar akan hadirnya Ramadhan dan keutamaan Ramadhan. ”Telah datang kepada kalian Ramadhan bulan penuh berkah. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa. Pintu langit dibuka dan pintu neraka ditutup,” sabda Rasulullah SAW seperti dikatakan Abu Hurairah yang diriwayatkan An Nasai dan dishahihkan oleh Al Albani dalam kitab Shahih Al Jami’ no.55.


Itulah cara Rasulullah mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan. Rasulullah mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum Ramadhan tiba.

Kini Ramadhan tinggal menghitung hari, mungkin sudah habis waktu kita bila ingin mempersiapkan diri seperti Rasulullah SAW. Namun tanpa kita sadari Allah telah membantu kita mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan.

Secara tidak langsung, belakangan ini kita telah mempersiapkan diri menghadapi bulan Ramadhan. Ini semua akibat pandemi covid-19, kita dibantu mempersiapkan diri.

Dengan social distancing dan di rumah saja, kita telah mempersiapkan fisik kita. Kita mengurangi aktifitas yang berat, memperbanyak olah raga, dan menjalankan pola hidup sehat dengan makan-makanan yang bergizi. Secara tidak langsung aktifitas tersebut mengistirahatkan tubuh kita dan memberi kesempatan pada tubuh untuk menambah kekuatan fisik.

Dengan social distancing dan di rumah saja, kita dibatasi pergerakannya. Sulit untuk makan-makan ke cafe atau tempat makan, dan sulit untuk berbelanja makanan atau cemilan. Secara tidak langsung keterbatasan tersebut membantu kita mengurangi banyak makan. Meski tidak berpuasa setidaknya kita mengurangi makan-makanan secara berlebihan. Hal tersebut membantu kita mempersiapkan fisik kita apalagi bila selama di rumah saja berpuasa pasti fisiknya sudah siap.

Selama pandemi covid-19, kita dinjurkan menjaga kebersihan badan dan lingkungan sekitar. Secara tidak langsung anjuran tersebut bila dilaksanakan, telah membantu kita mempersiapkan fisik kita agar tetap sehat untuk menyambut bulan Ramadhan.

Selama pandemi covid-19. Kita dinjurkan untuk tidak menyebar hoax dan mengisi hari-hari kita dengan kegiatan yang positif. Secara tidak langsung anjuran tersebut bila dilaksanakan, telah membantu kita mempersiapkan mental kita menyambut bulan Ramadhan.

Pandemi covid-19 memanglah menyita tenaga dan pikiran kita semua. Namun dibalik itu semua ada kasih sayang Allah SWT untuk kita. Secara tidak langsung Allah telah membantu kita mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan.

nubarnulisbareng/riskaamelia