Delete File (Kepikiran)

#Kepikiran
Dalam hidup pasti ada kalanya kita kepikiran baik tentang pekerjaan atau tentang sesuatu hal yang berkaitan dengan hari-hari kita.

Tips menghilangkan kegalauan akibat kepikiran terus-menerus.

1. Alihkan perhatian

Bila Anda menyadari bahwa Anda mulai merenung, cari suatu hal yang bisa mengalihkan perhatian dan pikiran Anda. Caranya, lihatlah sekeliling Anda, jangan terlalu lama untuk memutuskan pilihan apa yang bisa mengalihkan perhatian Anda dan jangan biarkan pikiran Anda kosong. Misalnya dengan mencolek teman sebelah untuk ngobrol, main game di hape, menonton film, menggambar atau mencorat-coret kertas, membaca buku, atau memilih berjalan ke luar ruangan

2. Buat rencana dan segera ambil tindakan

Daripada mengulangi pemikiran yang sama berulang kali, buatlah rencana untuk mengatasinya. Pikirkan setiap langkah yang Anda ambil untuk mengatasinya atau ambil secarik kertas dan tuliskan rencana Anda. Melakukan hal ini bisa mengacaukan “niat” otak untuk menyetel hal-hal negatif dalam pikiran Anda dan membantu Anda untuk keluar dari jebakan tersebut.

3. Jadikan kesalahan sebagai pengalaman dan pelajaran

Pikiran berulang yang muncul sering kali berupa ketakutan terhadap kesalahan. Jika Anda terlanjur melakukan sebuah kesalahan, jangan coba hiraukan perasaan tersebut, tapi jangan juga terlalu memikirkannya. Hal tersebut justru bisa memicu pikiran negatif timbul terus.

Ingatlah bahwa setiap manusia di dunia ini pasti membuat kesalahan dalam hidupnya. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah move on dan jadikan kesalahan tersebut sebagai pengalaman serta pelajaran.

Dengan begitu, Anda bisa menjadi lebih tenang dan memikirkan solusinya sehingga pikiran tersebut kemungkinan besar tidak akan muncul lagi.

4. Kejujuran

Sebisa mungkin untuk jujur, andaikan kita memang melakukan kesalahan ,sehingga teman-teman yang terkaitan dengan hal tersebut dapat memaafkan dan mambantu memberikan solusi yang pas, sehingga permasalahan tidak lama-lama.