Daun Binahong Bikin Strong

Daun Binahong Bikin Strong

Pertama kali kenal daun binahong, saat itu suami sedang menempuh studi kuliahnya di Jakarta. Perjalanan Indramayu-Jakarta dilakukannya setiap pekan dengan mengendarai motor sendiri. Perjalanan yang lumayan jauh. Stamina tubuh pun harus tetap prima.

Selama 2 hari di Jakarta, suami ikut tinggal dengan kakak. Dari kakaklah suami mengenal daun binahong yang sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap bugar dan tidak gampang sakit.

Memang terasa khasiatnya. Suami alergi debu. Biasanya, setelah bepergian jauh dan bergumul dengan polusi udara kota, batuk ringan bisa hinggap sampai sepekan lamanya. Batuk belum reda, sudah harus kembali ke Jakarta. Alhasil batuknya awet..hehe. Tapi setelah konsumsi daun binahong alhamdulillah tidak lagi batuk. Tubuh pun lebih strong melawan penyakit yang mau mampir.

Setelah merasakan manfaatnya, suami membawa pulang umbi daun binahong untuk ditanam di rumah. Ternyata tak sulit merawat tumbuhan ini. Daun baru mulai bermunculan. Setiap pagi suami memetik satu lembar daun dan mengunyahnya langsung. Saya pun ikut mencoba. Bagaimana rasanya memakannya mentah-mentah? Karena biasanya kami merebusnya dan meminum air rebusannya saja.

Ternyata tidak enak, ya. Namanya obat, mana ada yang enak? Daunnya tebal, permukaannya licin kesat, bila ditumbuk atau dikunyah akan mengeluarkan lendir. Nah, lendir ini juga bisa membantu mengeringkan luka luar. Ini pengalaman anak saya.

Sepekan yang lalu, lidah saya sariawan sampai tiga titik. Salah satunya di pangkal lidah yang bila saya menelan makanan akan terasa sangat perih. Makan jadi tak berselera. Jangankan makan, minum saja sulit. Menahan sakitnya, badan sampai meriang.

Saya obati dengan daun binahong, mengunyahnya dan menempelkannya di tempat sariawan. Awalnya terasa perih. Saya diamkan sampai rasa perih hilang. Hal ini saya lakukan 3 kali sehari. Alhamdulillah setelah 2 hari sembuh. Makan dan minum kembali terasa nikmat.

Sobat, pernah mempunyai pengalaman dengan daun binahong?

WCRumedia/yuyunkho