CLODI.. SOLUSI HEMAT DAN SEHAT

CLODI.. SOLUSI HEMAT DAN SEHAT

Cloth diaper atau disebut clodi (popok kain yang bisa cuci pakai) menjadi salah satu pilihan bagi para ibu untuk keperluan bayinya.

Clodi terdiri dari 2 bagian. Bagian luar atau celananya dan bagian dalam (insert).

Bagian dalam atau (insert) ada yang tipis (2 layer) dan tebal (3 layer). Biasanya yang tebal itu dipakai saat tidur di malam hari atau berpergian.

Membersihkannya pun mudah. Hanya butuh sedikit sabun cuci saja. Rendam sebentar. Lalu kucek celana dan insert-nya. Tidak boleh disikat. Penjemurannya untuk yang insert tidak boleh terpapar langsung dengan matahari.

Harganya juga relatif murah. Kisaran 20.000 untuk celananya dan 10.000 untuk insert-nya. Banyak dijual di toko daring. Banyak sekali pilihannya. Mulai dari yang polos sampai motif yang lucu-lucu.

Kenapa akhirnya memilih Clodi?

Alasannya:

1. Menekan pengeluaran untuk si bayi dan itu benar-benar berhasil. Memang untuk beli Clodi juga butuh keluar uang yang lumayan banyak. Namun, bisa dipakai untuk waktu yang lama kan. Jadi lebih efisien.

2. Karena aku ibu rumah tangga jadi tidak terlalu repot untuk mencuci Clodi. Suami juga mau ikut membantu.

3. Mengurangi sampah popok sekali pakai yang sangat mencemari lingkungan karena salah satu sampah yang sangat sulit terurai. Penggunaan Clodi bisa membantu sedikit bumi kita.

4. Dapat mengurangi resiko ruam popok karena kulit bayi yang masih sensitif.

Kekurangannya pakai Clodi hanyalah menunggu insert-nya kering. Butuh waktu 1-2 hari agar bisa benar-benar kering. Apalagi kalau musim hujan. Salah satu caranya adalah dengan membeli cukup banyak insert agar ada cadangan jika yang dijemur belum kering.

Semoga bermanfaat ya ibu 😊