Cerita Hiro Hadir Ke Dunia

Cerita Hiro Hadir Ke Dunia

Desain ibis paint

Waktu cepat sekali berlalu. Rasanya baru kemarin, bunda mendengar tangisanmu pertama kali. Kelahiranmu ke dunia, semakin menambah kebahagiaan bunda dan ayah.

Bunda masih ingat betul, di hari prediksi lahirmu bunda sudah merasakan mules-mules palsu dan ayah, memutuskan untuk menunggu di rumah sakit saja. Sesampai di rumah sakit semua kamar tunggu penuh dan karena masih bukaan dua jadilah bunda hanya boleh menunggu di selasar rumah sakit.

Ditemani ayah jalan-jalan, rasa mulesnya belum ada peningkatan. Dokter pun menyarankan untuk induksi saja. Saya diinduksi menggunakan kapsul kecil yang dimasukkan lewat jalur lahir. Setelah dimasukkan kapsul induksi yang pertama, belum terasa mules yang berlebihan. Masih sama seperti pertama kali datang ke rumah sakit

Setelah 8 jam berlalu, ditambah lagi kapsulnya. Nah, setelah kapsul induksi kedua masuk barulah terasa mules yang luar biasa. Diiringi lagu asmaul husna dan salawat nabi, mules pun semakin sering. Setelah dicek sudah bukaan 5, suster pun langsung menelepon bagian kamar bersalin untuk menyiapkan ruangan serta ranjang dan menelepon dokter kandungan saya.

Setelah itu, saya pun dibawa ke ruang bersalin pakai kursi roda. 2 jam kemudian, lahirlah dirimu ke dunia. Bayi laki-laki yang kami beri nama Satrya Hanan Hiroshi. Nama ini kami sematkan padamu agar kelak kamu menjadi pemimpin yang dapat membawa kemakmuran dan tetap rendah hati.

Saat ini kamu sudah menginjak usia 4 tahun. Inilah 3 pendidikan ruhiyah yang harus dipelajari oleh anak, menurut DR. Khalid Ahmad Syantut, penulis buku ‘Rumahku Madrasah Pertamaku’.

1] Memberikan contoh keteladanan sekaligus memberikan gambaran tentang sosok yang wajib diidolakan

Anak-anak usia 4 tahun sangat mudah menyerap nilai-nilai yang ia lihat dan dengar, jadi sebisa mungkin berikanlah contoh kebaikan-kebaikan dalam perbuatan maupun perkataan di depannya setiap hari.

Lalu, ceritakanlah sosok idola yang paling sempurna akhlaknya siapa lagi kalau bukan Rasulullah Saw. Sosok Rasulullah inilah yang paling baik diceritakan kepada anak-anak, bila ingin mengajarkan kepada mereka, sosok pribadi yang mulia. Selain itu, kisah para nabi dan rasul selain Rasulullah, serta para sahabat Rasulullah juga bisa menjadi cerita yang menarik.

Kisah semacam itu akan menambah rasa cinta buah hati ayah dan bunda kepada Allah. Cerita para nabi dan rasul juga bisa menambah keyakinan mereka tentang pertolongan Allah dan penjagaan-Nya terhadap hamba-hamba-Nya yang salih. (DR. Khalid Ahmad Syantut).

2] Membiasakan dengan Alquran, zikir, serta lagu-lagu Islami, seperti asmaul husna

Menurut DR. Khalid Ahmad Syantut, ketika buah hati berusia 3 tahun, ia sudah bisa diajari untuk menghafalkan surah Al-Fatihah. Ketika 4 tahun, ayah dan bunda bisa mengajarkan surah-surah pendek. Menginjak usia 5 tahun, ananda sudah bisa dimasukkan dalam program Tahfidz Quran.

Perlu diingat, kalau pendidikan ruhiyah itu adalah pendidikan yang memperkuat hubungan antara manusia dengan Penciptanya, maka memperdengarkan asma (nama) Allah juga tidak boleh lepas dari pendengaran buah hati kita.

3] Melatih Beribadah

Poin ketiga inilah yang sedang kami coba terapkan kepada buah hati kami ‘Hiro’. Dari belajar berwudu, salat, puasa, sedekah, mengenalkan haji dan umrah, sekaligus mengenalkan surga dan neraka.

Memang tidak ada ukuran pasti dari Rasulullah patokan untuk mengajarkan ibadah ini kepada anak-anak. Namun, kami juga yakin dan setuju dengan pendapat Muhammad Qutub, yang tertuang dalam bukunya DR. Khalid Ahmad Syantut, kalau pembiasaan sejak dini anak-anak belajar tentang beribadah, maka ketika dewasa mereka sudah menjadi terbiasa. Yang paling penting adalah membuat pembiasaan ibadah ini secara bahagia. Bagaimana menanamkan kalau Allah akan sayang kepada mereka jika mereka beribadah secara baik dan ikhlas.

Tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Dengan mengajak mereka bersahur, berbuka, dan tarawih bersama, anak-anak juga akan merasakan kalau ibadah ini menyenangkan. Bukan berarti mereka harus berpuasa, tetapi menikmati dulu proses berpuasanya inilah yang penting.

Itulah 3 pendidikan ruhiyah, yang wajib diajarkan kepada anak-anak usia 4 tahun. Buat anakku Hiro, Selamat ulang tahun ya, Nak. Semoga doa yang tersemat dalam namamu terus menjadi doa dalam setiap proses pembelajaranmu, aamiin.

Tulisan ini pernah ditulis sebelumnya dengan judul Barakallah My Hero

Buat sobat nubar yang ingin menceritakan kisah serunya selama di rumah saja, ayo buruan merapat ke saya.

Nubar-Nulis-Bareng/Lithaetr