Cara Mudah Menulis dengan Trik 1 2 3

Menulis itu mudah, semudah kita menjentikkan jari. Eh, kata siapa? Kata yang sudah bisa nulis, dong! Hihihi.

Bagi teman-teman yang belum terbiasa menulis, lalu mendapatkan tugas untuk menulis, tentu saja akan merasa kesulitan. Betul, tidak?

Apalagi kalau tugasnya sudah diberikan seminggu yang lalu, kemudian baru teringat malam ini karena besuk tugasnya harus dikumpulkan. Ea, jadi pengen nangis, kan?

Tenang, menulis itu sebenarnya sangat mudah. Seperti yang sudah saya sampaikan di atas. Kita akan belajar menulis dengan Trik 1, 2, dan 3. Siap?

Trik 1: Temukan Ide

Ya, ide adalah pondasi dari sebuah tulisan. Temukan ide dari tema besar tulisan yang akan kamu buat. Misalnya, kita akan membuat tulisan dengan tema besar bulan puasa. Nah, tuliskan ide apa saja yang muncul di otak kita saat mendengar kata “bulan puasa”.

Tuliskan ide-ide tersebut dalam sebuah daftar. Buat minimal 10 ide untuk tema tersebut. Lalu, pilihlah ide yang paling mengena di hatimu.

Trik 2: Buat Kerangka Tulisan

Kerangka tulisan adalah acuan bagi penulis untuk mengeksekusi idenya. Kerangka tulisan terdiri dari 3 bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup.

Pada bagian pembukaan, kita bisa menuliskan latar belakang dari ide yang kita pilih. Sesuai dengan namanya, bagian pembukaan nantinya akan menggiring pembaca menuju bagian inti dengan cara yang halus. Butuh banyak latihan untuk menggiring pembaca dengan smooth begini. Layaknya pilot yang butuh ratusan kali jam terbang untuk bisa mendaratkan pesawat dengan nyaman.

Pembaca akan menemukan inti dari tulisan kita di bagian inti. Di sini kita paparkan inti dari permasalahan atau ide yang kita bahas. Untuk membuat inti tulisan yang akurat, jangan lupa searching di Google atau mencari buku-buku referensi yang tepat.

Terakhir, pada bagian penutup, kita berikan kesimpulan dari permasalahan yang sudah kita bahas di bagian inti. Ada baiknya kita sampaikan juga pesan moral atau amanat kepada pembaca. Agar pembaca lebih memahami maksud dari tulisan yang kita sampaikan.

Trik 3: Kembangkan Kerangka Tulisan

Setelah membuat kerangka tulisan, kini saatnya untuk mengembangkannya. Buatlah kalimat yang efektif. Tidak bertele-tele. Ibaratkan kegiatan menulis ini seperti sedang membaca tulisan. Jika kalimat yang kita buat terlalu panjang, tentu pembaca akan merasa kelelahan melihatnya.

Buatlah kalimat yang saling nyambung dengan kalimat berikutnya. Juga paragraf yang saling berkaitan dengan paragraf selanjutnya. Gunakan kerangka tulisan sebagai acuan kita menulis. Ini akan mempermudah kita dalam mengembangkan paragraf.

Gunakanlah gaya tulisan yang sesuai dengan media yang sedang akan kita tuju. Untuk itu, pahami dulu karakter dari masing-masing media yang sedang kita lirik. Meski demikian, penggunaan bahasa baku tetap harus menjadi prioritas. Sisipkan pilihan kata yang tak biasa agar tulisan kita terasa segar.

Demikianlah cara mudah menulis dengan Trik 1, 2, 3. Sudah siap menulis?

Temukan manfaat menulis di sini!

rumahmedia/ nuralfiy

Sumber: www.emakjourney.wordpress.com

Sumber foto: pexels.com

3 comments