Cara Mudah Menulis Puisi, Oleh Wahyu Hidayat

Langkah-Langkah dalam Menulis Puisi:

1. Tentukan Keinginan

Artinya, sebelum kita melakukan kegiatan menulis puisi, tentunya harus memilih terlebih dahulu ide/tema yang akan ditulis. Hal ini bisa tentang masalah percintaan, kemerdekaan, keagamaan, kekecewaan atau hal lainnya.

2. Liarkan Ide Sekompleks Mungkin

Artinya, setelah kita menentukan ide/tema, selanjutnya kita menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan tema, misalnya saja tentang percintaan. Tulis saja hal-hal yang berkaitan dengan percintaan menurut kalian sampai banyak dan jangan berhenti. Jangan pikirkan “Takut jelek dan tidak menarik”. Tulis saja secara mengalir sampai kalian mulai kehabisan kata-kata.

3. Masukkan Kiasan dan Diksi yang Manis

Maksudnya, setelah kita menulis panjang lebar, kita cek tulisan tersebut, kemudian masukkan kata-kata kiasan yang segar dan diksi yang tepat. Hal ini untuk memperindah puisi yang telah kita tulis.

4. Mengecek Berulangkali

Maksudnya, setelah melakukan langkah-langkah di atas, kita wajib melakukan pengecekkan. Apabila masih ada typo dan diksi yang kurang tepat bisa langsung diganti. Pengecekkan yang dilakukan berulang-ulang akan semakin memperindah dan menambah kualitas puisi yang kita buat.

5. Menulis Secara Rutin

Langkah terakhir adalah terus menulis karena praktik itu lebih utama ketimbang sekadar berteori. Semakin rajin menulis maka semakin baik pula tulisan kita. Semoga berhasil dan teruslah berkarya. Semoga kelak menjadi penulis yang hebat, tetapi tidak merasa hebat. Semangat!

2020