Bilakah COVID 19 akan Berlalu?

Photo by Eduardus Pradipto on Unsplash

Jika ada orang bertanya tentang kapan COVID 19 akan berlalu, jawaban paling aman yang akan saya berikan adalah “Hanya Tuhan yang Tahu.” Dalam kondisi yang serba tidak jelas ini, siapa yang bisa menjawab pertanyaan pelik itu? Apalagi di tengah rimba data yang serba simpang siur seperti sekarang ini.

Ada yang bilang PSBB dilonggarkan. Ada juga yang menyatakan dengan tegas bahwa belum ada pelonggaran PSBB. Ada yang berteriak lantang, “Di rumah aja!” sementara jalan raya sudah mulai macet karena banyaknya kendaraan yang berlalu lalang.

Orang-orang di desa bilang, “Jangan mudik!” Tapi kenyataannya arus mudik masih saja terjadi. Baik secara diam-diam, maupun terang-terangan.

Di satu sisi kita butuh social distancing untuk memutus rantai penularan COVID 19. Di sisi lain, kita butuh keluar rumah untuk bekerja dan menjemput rezeki. Selalu ada dua sisi yang berlawanan. Entah pihak mana yang harus didahulukan.

Kita butuh sehat, tapi juga butuh penghasilan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Utamanya bagi pekerja di sektor informal. Salah satu pintu rezeki mereka berada di luar pintu rumah.

Nah, lho, jawaban apa yang harus aku lontarkan selain “Hanya Tuhan yang Tahu” jika kondisinya serba tidak jelas seperti sekarang ini?

Meski demikian, setidaknya kita harus menjaga diri dan keluarga dengan tetap menerapkan protokol COVID 19 dalam kehidupan sehari-hari. Minimalkan keluar rumah jika memang tidak sangat mendesak. Jaga kebersihan diri dan lingkungan. Jaga kesehatan diri dan keluarga.

Photo by Unsplash,
United Nations COVID-19 Response

Tidak usah beli baju baru buat lebaran. Belanjakan uang kita untuk hal-hal yang penting dan mendesak. Selebihnya masukkan dalam tabungan atau sedekahkan kepada orang yang lebih membutuhkan. Kemurahan hati Anda akan menjadi ladang ibadah sekaligus meringankan saudara-saudara kita yang terdampak oleh COVID 19.

Semoga ada keajaiban yang datang untuk kita. Besuk pagi saat membuka mata, COVID 19 sudah musnah dari muka bumi. Kita semua dalam keadaan sehat wal’afiat, selamat, dan sejahtera. Amiiin.

Rumedia/ nuralfiy