Bersiap-Siap Menuju New Normal

Bersiap-Siap Menuju New Normal

Sebuah pemberitahuan masuk ke dalam ponselku. Setelah dibuka, ternyata pesan dari Pak RT tentang pemberlakuan new normal. Perumahan tempatku tinggal akan memulai new normal pada tanggal 1 Juni 2020.


New normal? Apa itu? Disadur dari tirto.id, definisi new normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi.


Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan, new normal lebih menekankan kepada kesiapan individu terhadap aktivitas di luar rumah meski virus corona SARS-CoV-2 – penyebab Covid-19 – belum lenyap sekali pun (kompas.com). Jadi, jika seolah-olah kehidupan kita sekarang sedang dikepung musuh, new normal memungkinkan kita tidak lagi bersembunyi darinya. Melainkan mencoba hidup berdampingan dengan musuh tersebut. Pastinya dengan menggunakan cara-cara tertentu.

Sumber gambar: dok. pribadi


Pertanyaan selanjutnya yang ada di benakku adalah, apa bisa? Sementara saat dibatasi dan diminta diam di rumah saja sulit. Bisakah semua orang disiplin menjalankan protokol yang disarankan? Apakah celah penyebaran Covid-19 malah akan terbuka lebar? Tak satu pun pertanyaan tersebut yang dapat kujawab sekarang. Just do it, than wait and see.

Kembali lagi pada penerapan new normal di perumahanku. Kabar dibukanya kembali akses perumahan untuk para pedagang, ojol, tukang service, tamu, disambut gembira oleh warganya. Bapak-bapak langsung saling berkabar menyiapkan rencana untuk kembali bermain voli bareng, ngeliwet malam, hingga nonton bola bersama di pendopo area perumahan. Ibu-ibu juga tak mau kalah, beragam agenda kembali digelar, arisan, posyandu, papahare, jajan makanan bareng, belanja ke mal, jalan-jalan, sampai profesi sebagai ojek antar jemput anak sekolah kembali diaktifkan.

New normal, ibarat air yang kembali disiramkan ke ikan di dalam kolam. Terasa menyegarkan. Geliat perekonomian diharap segera bangkit. Pengangguran akibat PHK juga dimungkinkan akan berkurang, karena telah dapat menemukan pekerjaan kembali. Namun, new normal ibarat dua sisi mata uang. Bagian mana yang akan lebih mendominasi, kehidupan normal kembali atau penyebaran virus yang akan makin tinggi, semua tergantung bagaimana kita menyikapi.

Bagaimana di tempat sobat? Apakah new normal sudah akan diberlakukan?

“Hidup ini cair. Semesta ini bergerak. Realitas berubah.”—Dee

Referensi:
Pranita, Ellyvon. 2020. New Normal Bukan Sekadar Membuka Ruang Publik, Begini Kata Ahli. https://amp.kompas.com/sains/read/2020/05/29/110000923/new-normal-bukan-sekadar-membuka-ruang-publik-begini-kata-ahli. Diakses 31 Mei 2020

Putsanra, Videlia Dipna. 2020. Apa Itu New Normal dan Bagaimana Penerapannya Saat Pandemi Corona?. https://tirto.id/apa-itu-new-normal-dan-bagaimana-penerapannya-saat-pandemi-corona-fCSg. Diakses 31 Mei 2020

Nubar-Nulis Bareng/Asri Susila Ningrum