Bahagia bersama Sapa Pagi Siswa

Tidak terasa ya kita sudah memasuki masa libur kurang lebih 1 bulan. Kalian para siswa pasti senang kan ketika ada pengumuman bahwa sekolah diliburkan dan para siswa belajar di rumah. Saat itu yang Anda ucapkan pasti kata ‘horeee..”

Tapi sekarang kata hore itu pasti sudah mulai berubah. Beberapa sudah mulai resah kurang bahagia karena tugas belum sempat diselesaikan, sementara setiap hari, tugas dari beberapa mata pelajaran tetap setia mengantri di layar HP Anda.

Ada yang mengeluh tidak bisa join di Zoom karena jaringan jelek. Ada yang tugasnya belum selesai karena quota habis. Ada yang tidak bisa kirim tugas karena memory HP full, sampai merengek-rengek ke orangtua minta ganti HP. Yang lebih menyedihkan lagi kalau belum mengerjakan tugas sama sekali karena tidak memiliki HP Android. Masalah ini pastinya membuat Anda galau. Kalau ditumpuk terus- menerus bisa membuat Anda berada pada titik terendah, stress.

Hmm..mengapa tidak Anda mencoba membuang rasa galau itu dan berpikir positif bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya ?  Masalah bukan untuk didiamkan, apalagi diendapkan. Masalah harus ditemukan solusinya.

Anda bisa mencoba menyelesaikan tugas- tugas pelajaran dengan Trik “Sapa Pagi” tanpa harus kontak secara langsung dan tanpa takut terjangkit virus Corona. Berikut triknya :

A. Pengguna HP biasa/bukan android

1.  Melalui fitur SMS, Anda bisa menghubungi Bapak/Ibu guru di pagi hari.  Sapa mereka lalu tanyakan bagaimana keadaannya. Bapak/Ibu guru pasti senang mendapat SMS dari anak-anaknya.

2.  Sampaikan masalah Anda dalam hal pembelajaran (materi /tugas) yang belum dipahami. Ingat,  masalah yang disampaikan adalah yang paling berat dan sama sekali tidak mampu Anda kerjakan.

3.  Buat kontrak/jadwal konsul selanjutnya dengan mereka. Anda juga boleh menawarkan kapan Anda bisa. Gunakan ilmu negosiasi ya. Tapi keputusan tetap oleh Bapak/Ibu guru karena Anda yang butuh.

B. Pengguna HP android

Bagi Anda pengguna HP Android :

1. Lakukan sapa pagi ke Bapak/Ibu guru via Whatsapp, messenger, Facebook, Twitter, telegram, Instagram, dan medsos lainnya. Sapa mereka secara santun. Tanyakan pula bagaimana kabarnya.

2. Point’ 2 dan 3 hampir sama dengan point pada pengguna HP biasa.

Nah, itulah salah satu trik Sapa Pagi yang dapat membantu Anda menyelesaikan tugas mata pelajaran yang sudah mulai menumpuk.

Semoga Sapa Pagi ini, lebih menyambung lagi Silaturahmi dan mengobati rasa kangen ke bapak/ibu guru.

nubarnulisbareng/utyagusriati