Awas Jangan Salah, Ternyata Tumbuh Kembang Anak menjadi Baik itu karena Pembiasaan Ayahnya

Awas Jangan Salah, Ternyata Tumbuh Kembang Anak menjadi Baik itu karena Pembiasaan Ayahnya

Gambar: Arafat||Channel Telegram

Assalamualaikum sobat web nulis bareng rumedia, semoga semuanya dalam keadaan sehat dan bahagia ya, aamiin.

Inspirasi menulis bisa kita dapatkan dari mana saja, betul? Sama seperti saya yang mendapatkan inpirasi menulis ini, dari sebuah channel telegram bernama Arafat. Ada sebuah cerita menarik yang dikisahkan di channel ini, sehingga akhirnya saya ingin menulis tentang hal ini, sekaligus me-rewrite tulisan lama saya, agar lebih kekinian dan inspiratif.

Mau tahu cerita menarik tersebut? Baiklah, akan saya ringkas ceritanya di sini. Ada seorang kakek dan 2 orang cucunya yang bernama Mada dan Midun sedang bercakap-cakap tentang ada buah semangka yang bentuknya tidak lazim. Kalau biasanya semangka itu bentuknya bulat, sementara yang Kakek bawa berbentuk kotak.

Mada dan Midun, yang terlihat terkejut langsung ditenangkan oleh kakeknya. Kakeknya bercerita kalau semangka berbentuk kotak ini bisa terbentuk seperti itu, karena sudah melewati proses yang panjang. Intinya sejak awal semangka ini sudah dibentuk agar menjadi kotak. Kakek pun mengibaratkan semangka kotak ini sama seperti cucu-cucunya, yang harus dibentuk sejak awal agar menjadi anak baik. Kakek pun mengutarakan sebuah syair berbahasa arab, seperti berikut,

يَنْشَأُ نَاشِيْءُ الفِتْيَانِ مِنَّا عَلَى مَا كَانَ عَوَّدَهُ أَبُوْهُ

Artinya: “Tumbuh berkembang anak-anak kami, di atas apa yang dibiasakan oleh ayahnya.”

Syair tersebut kembali mengingatkan saya kepada sebuah keluarga yang dijamin Allah masuk surga, bahkan nama keluarga tersebut menjadi sebuah nama surah dalam Alquran. Benar, nama keluarga tersebut adalah keluarga Imran atau kita lebih mengenalnya sebagai surah Ali Imran.

Selain itu, tak perlu diragukan lagi, keteladanan Rasulullah saat sebagai ayah dari Fatimah radhiyallahuanhu dan kakek dari Hasan radhiyallahuanhu dan Husain radhiyallahuanhu. Betapa beliau mengajarkan cucu-cucunya dengan lembah lembut ketika kanak-kanak, sudah menjadi viral kisahnya, dan mungkin sobat nubar juga sudah sering mendengarnya, salah satunya seperti Rasulullah harus menunda bangun dari sujud ketika cucu-cucunya main ke atas punggungnya ketika beliau sedang salat. Berikut kisahnya,

Dari Syaddan Al-Laitsi radhiyallahuanhu berkata,

“Rasulullah keluar untuk salat di siang hari entah zuhur atau ashar, sambil menggendong salah satu cucu beliau, entah Hasan atau Husain. Ketika sujud, beliau melakukannya panjang sekali. Lalu aku mengangkat kepalaku, ternyata ada anak kecil berada di atas punggung beliau. Maka aku kembali sujud. Ketika Rasulullah telah selesai salat, orang-orang bertanya,

“Ya Rasulullah, Anda sujud lama sekali hingga kami mengira sesuatu telah terjadi atau turun wahyu”. Beliau menjawab, “Semua itu tidak terjadi, tetapi anakku (cucuku) ini menunggangi aku, dan aku tidak ingin terburu-buru agar dia puas bermain. (HR. Ahmad, An-Nasai dan Al-Hakim) (sumber: inilah.com (18/08/2016).

Begitulah cara Rasulullah mendidik cucu-cucunya dengan lemah lembut. Ternyata, tidak hanya orang islam saja lo, yanh menerapkan hal ini kepada anak-anaknya. Ada beberapa aktor Bollywood juga yang dijuluki Family Man, karena care banget sama keluarganya, khususnya anak-anaknya. Mau tahu siapa saja mereka? Yuk, simak terus di sini


1. Shahrukh Khan

Ketiga anak Shahrukh Khan, gambar instagram.com/iamsrk

Shahrukh khan memang seorang aktor Bollywood yang beragama Islam dan beliau terkenal sebagai sosok Family Man. Sesibuk-sibuknya SRK (sebutan kesayangan Shahrukh dari para fans), dia masih berusaha menyempatkan hadir bagi ketiga anaknya. Seperti gambar di atas, diambil ketika acara ulang tahun si bungsu Abram. Bahkan, sangking cintanya, SRK mempunyai 1 prinsip tentang arti hadirnya sosok seorang ayah bagi anaknya.

Dirilis dari id.theasianparent.com (retrieved,28/02/2018), “Aku tidak punya banyak teman. Anak-anakku adalah teman terdekatku. Bersama mereka aku bisa membagikan semua rahasia kelam, atau momen membahagiakan juga momen menyedihkan.” ucap Shahrukh Khan.

2. Ajay Devgan

Ajay Devgan dan keluarga, gambar instagram.com/ajaydevgn

Ajay Devgan adalah salah satu aktor Bollywood yang menikah dengan aktris Bollywood, bernama Kajol Mukherjee. Pasangan selebriti ini termasuk yang sukses, sebab jarang ada isu miring menerpa kehidupan rumah tangga mereka. Sosok Ajay Devgan sebagai seorang suami dan ayah, pernah dipuji oleh Kajol (sapaan akrabnya) istrinya. Di mata keluarganya, Ajay (sapaan akrabnya), termasuk sosok yang ikut berperan aktif dalam mendidik, mengurus, dan memperhatikan tumbuh kembang kedua buah hatinya.

Prinsip Ajay tentang arti hadirnya sosok ayah bagi anaknya patut diacungi jempol. Dilansir dari id.theasianparent.com (retrieved,28/02/2018), “Aku meluangkan waktu untuk dihabiskan bersama anak-anakku. Aku memiliki tanggung jawab sebagai orang tua, sehingga aku menjalaninya dengan sungguh-sungguh.” tegas Ajay Devgan.

3. Akhsay Kumar

Berenang bersama Nitara, putrinya, gambar instagram.com/akshaykumar/

Akshay Kumar terkenal sebagai aktor laga terbaik di Bollywood, ia memiliki dua orang anak yakni Aarav dan Nitara. Untuk mengekspresikan cintanya pada sang anak, Akhsay Kumar mengajari Aarav putra pertamanya untuk belajar bela diri dan mendukung bakat olahraga Aarav. Sementara untuk putrinya Nitara, ia rela membiarkan putrinya tersebut merias wajah dirinya yang tampan dan berenang bersama seperti gambar di atas.

4. Abhishek Bachchan dan Amitabh Bachchan

Keluarga Bachchan, gambar instagram.com/amitabhbachchan/

Buat penggemar Bollywood, siapa yang tidak mengenal keluarga Bachchan, salah satu keluarga selebriti yang menjadi panutan bagi dunia perindustrian Bollywood. Dalam buku Tak Ada Anak Hebat Tanpa Ayah Yang Luar Biasa yang diterbitkan oleh Qultum Media tahun 2015, kesuksesan bagi para ayah adalah hal yang wajib dan wajar. Tapi membuat anak ikut menapaki jalan kesuksesan sang ayah, tidak semua ayah mampu melakukannya. Salah satu faktornya adalah karena kesuksesan sang ayah selalu membuatnya sibuk dan jauh dari keluarga, khususnya anak-anaknya. Oleh karena itu, sang anak tidak mau menapaki jalan kesuksesan seperti ayah mereka.

Tapi, hal tersebut tidak terjadi di keluarga Bachchan. Keluarga ini diisi oleh aktor dan aktris besar. Amitabh Bachchan seorang aktor legendaris Bollywood yang dihormati, beliau menikah dengan seorang aktris ternama pada zamannya yaitu Jaya Bachchan. Mereka dikaruniai 2 orang anak bernama Shweta dan Abhishek. Abhishek-lah yang mengikuti jejak sang ayah menjadi aktor besar Bollywood dan menikah dengan salah satu aktris tercantik Bollywood Aishwarya Rai.

Dari pernikahan tersebut, lahirlah putri cantik bernama Aaradhya Bachchan. Walaupun mereka berasal dari keluarga selebritis, tapi baik Amitabh Bachchan dan Abhisek Bachchan, tetap mendahulukan keluarga daripada hal lainnya. Inilah prinsip Amitabh Bachchan dan Abhisek Bachchan, yang bisa kamu jadikan inspirasi,

Bagi Abhishek Bachchan, putri semata wayangnya Aaradhya Bachchan lebih penting daripada apapun.
Abhishek tidak ingin memaksa Aaradhya untuk menjadi seorang aktris, seperti kedua orangtuanya maupun seperti kakek neneknya dari pihak ayahnya. Karena menurut Abhishek, memilih jalan karir bagi putrinya merupakan hak prerogatif putrinya sendiri.
Dihimpun dari id.theasianparent.com (retrieved,28/02/2018), “Menjadi orangtua tidak hanya soal materi. Hadiah terbesar yang bisa diberikan kepada anak adalah cinta, perhatian, pendidikan dan pengertian. Itulah hal terpenting yang bisa orangtua berikan pada anak. Sepanjang yang saya tahu, mengurus anak tidak hanya tugas seorang ibu. Ini adalah tanggung jawab bersama dan kewajiban kedua orangtua yang dilakukan bersama-sama.” papar Abhishek Bachchan.

Sementara bagi Amitabh Bachchan, arti hadir sosok ayah bagi anaknya, adalah kunci suksesnya seorang ayah. Diwartakan dari id.theasianparent.com (retrieved, 28/02/2018), “Jaya dan aku telah memutuskan, apapun warisan yang kutinggalkan setelah aku mati, kami akan membaginya secara adil antara Shweta dan Abhishek.” ungkap Amitabh Bachchan.

Nah kalau menurut sahabat, siapa ayah yang paling kece nih? Ditunggu kabarnya di kolom komentar ya.

Tulisan ini sudah dimuat dalam judul Tak Ada Anak Hebat, Tanpa Ayah yang Luar Biasa. Inilah Alasan 5 Aktor Bollywood Melakukan ini Pada Anaknya

Nubar-Nulis-Bareng/Lithaetr