Apa ! Sinyal 5G sudah ada di Indonesia ?

Pada tahun 2020 Kementrian Komunikasi dan informatika (Kominfo) pernah memberikan pernyataan bahwa di tahun ini sinyal 5G akan diluncurkan di Indonesia. Karena di negara- negara lainnya sudah meluncurkan layanan teknologi komunikasi generasi ke-5 ini.

Meskipun nanti di Indonesia 5G sudah diluncurkan nampaknya tidak seluruh wilayah dapat mencakup layanan 5G. Sebab saat ini saja layanan 4G pun belum mampu mencakup ke seluruh desa, apalagi di pelosok wilayah. Di masa pandemi kebutuhan masyarakat dalam menggunakan gadget pun meningkat karena menunjang  pekerjaan seperti WFH, daring anak sekolah dan sebagainya.

Kominfo mengimplementasikan 5G harus di dukung infrastruktur yang memadai. Kemudian juga membeberkan bahwa hanya ada 13 wilayah utama yang akan mendapatkan jaringan 5G, seperti Ibu Kota Negara (IKN), 6 Ibukota Provinsi di Pulau Jawa, 6  Destinasi Wisata Super Prioritas, dan 1 wilayah Industri Manufaktur.

Pada Kamis (27/5/2021), Telkomsel secara resmi menjadi yang pertama di Indonesia  meluncurkan layanan 5G secara komersial. Di gelar di Telkomsel Smart Office, Telkom Hub, Jakarta. Dengan mengusung judul “Unlock The Future”, serta turut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny Plate.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho hanya ada beberapa wilayah residensial di Jabodetabek yakni  Pantai Indah Kapuk dan Kelapa Gading di Jakarta Utara, Widya Chandra dan Pondok Indah di Jakarta Selatan, lalu Bumi Serpong Damai dan Alam Sutera di Tangerang Selatan. Keenam wilayah tersebut dinilai kawasan yang potensial lebih awal menikmati layanan 5G ini.

Untuk kedepan nya Telkomsel juga akan komitmen melakukan percepatan perluasan jaringan 5G di kota- kota besar lainnya. Batam, Medan, Surabaya, Denpasar,  Makassar, Solo , Balikpapan dan Bandung akan menjadi  sasaran perluasan sinyal 5G Telkomsel. Semoga Operator Seluler yang lainnya juga dapat meluncurkan sinyal 5G agar jaringan nya semakin meluas dan bisa di nikmati di seluruh Indonesia.