Apa Sih Piramida Itu?

Apa sih piramida itu?

Arfan memandangi kotak kurmanya. Tiba-tiba ia berkata, “P-i-d-a-m-i-d-a.”

“Sayang, itu piramida, bukan pidamida,” ujarku membenarkan bacaannya.


“Ada tulisan dan gambarnya di kotak. Kenapa bentuknya segitiga? Piramida itu apa sih, Bunda?”


Teman-teman tahu apa itu piramida?


Salah satu pengertian piramida menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), piramida adalah bangunan dari batu yang berbentuk limas sebagai tempat menyimpan mumi raja-raja Mesir dahulu.

Kenapa ya piramida berbentuk limas?


Bentuk piramida diperkirakan berasal dari bentuk batu benben, yang keberadaannya dihormati di kuil kota Heliopolis, yang menjadi pusat keagamaan utama Mesir Kuno. Batu benben adalah batu suci yang menyimbolkan Dewa Ra, yaitu dewa Matahari pada Mesir Kuno.

Sedangkan tujuan mengapa piramida menyerupai batu benben adalah untuk menghormati Dewa Ra, dan berharap Dewa Ra akan melindungi raja Firaun yang dimakamkan di sana

Sumber gambar: NadineDoerle di pixabay

Kapan ya piramida dibangun?


Teman-teman, Piramida Agung Giza dibangun pada dinasti keempat oleh Firaun Khufu. Ia menjadi salah satu bangunan terbesar yang dibuat manusia. Konstruksi piramida menggunakan lebih dari 2 juta balok batu, yang masing-masing beratnya lebih dari 2 ton.
Wah, hebat sekali, ya!


Dilansir dari kumparan.com, para arkeolog mengungkapkan jika mereka menemukan sisa-sisa dari metode pembangunan piramida. Temuan itu berupa sistem yang digunakan untuk mengangkut dan memindahkan material balok batu dari tambang batu pualam atau Hatnub yang digunakan untuk membangun piramida. Pola itu berupa sebuah jalanan agak miring yang diapit oleh beberapa lubang tiang kecil.

Kemudian, orang Mesir kuno bisa membawa balok batu dari tambang di lereng yang curam dengan mengikatnya dengan tali pada tiang kayu, semacam kereta luncur. Wah, ternyata orang Mesir zaman dulu sudah mengenal sistem katrol ya, teman-teman.

Piramida Giza adalah kompleks piramida di Mesir yang merupakan salah satu dari 7 Keajaiban Dunia Kuno. Piramida ini terletak dekat dengan Kota Kairo, Mesir atau sekitar 5 mil ke arah barat Sungai Nil.

Kompleks Piramida Giza atau yang disebut juga sebagai Giza Necropolis terdiri atas beberapa piramida besar seperti Piramida Agung Giza, Piramida Khafre, Piramida Menkaure, dan juga Sphinx. Bangunan-bangunan ini dibuat pada dinasti keempat kerajaan Mesir kuno, loh. Akan tetapi, masih berdiri kokoh hingga sekarang. Amazing!

Nah, sekarang kita sudah mengetahui tentang piramida. Berikutnya kamu mau tahu tentang apa?

Yuk, ikutin terus Aku Mau Tahu Semua ya, teman-teman!

Sumber:

Hanna, Yomi. Kenapa Piramida Berbentuk Limas?. https://bobo.grid.id/amp/08681658/kenapa-piramida-berbentuk-limas?page=all. Diakses 17 Mei 2020

Kumparan. 2019. Proses Pembangunan Piramida di Mesir Yang Bikin Penasaran. https://m.kumparan.com/amp/kumparantravel/proses-pembangunan-piramida-di-mesir-yang-bikin-penasaran-1546667076554227432. Diakses 17 Mei 2020

Nubar-NulisBareng/Asri Susila Ningrum