APA ITU 5G?

Jujur aku belum paham benar, seketika otak di peras. Berusaha mencari tahu, mencari informasi. Apa si itu 5G? Yang terlintas pertama kali, ya sinyal terbaik di atas 4G.
Ternyata oh ternyata 5G atau Fifth Generation adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G. Aku baca dari sumber Wikipedia.
Seketika otakku bekerja keras, duh jangan sampai ini ketinggalan berita, informasi terkini.
Kemudian aku baca ulang, mencari referensi, yang ternyata dirancang untuk meningkatkan kecepatan, mengurangi latensi, dan meningkatkan fleksibilitas layanan nirkabel.
Duh makin mumet gak tuh?
Maklum emak-emak model aku ini, tahu nya ya harga beras 1kg, telor, gas dan sayuran serta kawan-kawannya. Tak pantang menyerah, aku berusaha mencari informasi yang ada, siapa tahu di tanya anak-anak aku bisa menjawab. He-he-he. Apalagi bahasa nya makin kekinian.
Kemudian apa itu latensi?
Latensi atau latency adalah waktu yang dibutuhkan data dari tempatnya berasal hingga ke tempat tujuan. Latency diukur dalam satuan mili detik. Istilah awamnya, latency tak ada bedanya dengan delay atau penundaan.
Kalo di ringkas bahasa awam nya aku, kecepatan mengirim. Istilahnya aku itu Lola ( loading lama) gitu, kirim WhatsApp kadang suka cuma gambar jam, atau malahan centang satu. Wkwkwk mungkin hanya kaum seperti aku yang ngerasain gimana gak enak nya lagi nonton drakor tiba-tiba ngelag, atau buffering.
Enakan jadi menteri komunikasi, pasti gak pernah itu ngerasain buffering.
Apalagi kalo pas cuaca mendung atau hujan wah tambah gak karuan itu, kudu sabar.
Kapan Indonesia akan mulai mengimplementasikan 5G?
Sedang dalam tahap pengujian. Siap-siap kah untuk beralih ke 5G?

Tunggu kabar baiknya.

Nubarnulisbareng/Dini Maysayu