Alam

Bintang.
Bintang menyinari lembaran langit saat malam. Dan juga bahwa logam besi yang ditemukan di bumi berasal dari bintang-bintang raksasa di angkasa luar. Dan juga sebagai petunjuk untuk mengetahui perhitungan tahun
(Al-Mulk:5 dan Al-Israa:12)

Langit. Ia sebagai atap yang mengembalikan benda-benda atau sinar yang diterima dari ruang angkasa. (Surat At Thariq:12)

Gunung. Gunung bukan sekadar aksesoris bumi tetapi juga sebagai pasak bumi. Dan Al-Quran juga menyebutkan fungsi geologis gunung. ” Dan telah kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh, supaya bumi itu tidak goncang bersama mereka
(Al-Anbiyaa:31)

Angin. Allah mengatakan, ” Dan kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan dan kami turunkan hujan dari langit, lalu kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.
(Al-Hijr:22)
Dan masih banyak lainnya. Alam dan segenap isinya memberikan manfaat besar kepada manusia. Allah telah menundukkan semua itu demi kepintangan insan. Banyaklah belajar mengasah hati dari alam, karena begitu jujur dan polos, mereka begitu patuh kepada Pencipta-Nya.