AKU SUKA NAIK GUNUNG

Naik-naik ke puncak gunung

Tinggi-tinggi sekali

Kiri kanan kulihat saja

Banyak pohon cemara

Siapa yang tak kenal lagu itu. Lagu yang diciptakan Ibu Soed sangat terkenal di kalangan Pendidikan Taman Kanak-Kanak Indonesia.

Melalui lagu ini Ibu Soed ingin anak-anak Indonesia menikmati alam dengan bahagia, dengan nada lagu yang riang anak-anak diperkenalkan dengan alam khususnya pegunungan.

Kegiatan mendaki gunung menjadi salah satu alternative liburan bagi anak dan keluarga. Menikmati keindahan alam, menghirup udara segar dan melatih fisik menjadi alasan memilih pegunungan sebagai hiburan.

Mendaki gunung bisa dilakukan mulai dari anak sampai orang dewasa tentu dengan jarak tempuh dan area yang berbeda. Pemilihan gunung yang akan di daki menjadi bahan pertimbangan. Mendaki gunung bisa dijadikan sebagai media pembentukan karakter.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan mendari gunung bagi anak. Diantaranya adalah pertama, melatih sikap penuh perhitungan dan tanggungjawab. Anak akan diajak untuk perhitungan dan tidak gegabah dalam langkahnya. Anak juga diajak untuk melakukan penelitian gunung mana yang akan di daki, mempersiapkan perlatannya dan juga perbekalan.

Kedua, cinta lingkungan. Anak bisa melihat langsung alam yang dihuni tumbuhan dan hewan. Anak bisa merasakan dan melihat indahnya alam yang kemudian akan menumbuhkan cinta terhadap alam. Sehingga timbul keinginan untuk merawat dan menjaga kelestariannya.

Ketiga, belajar Tangguh pantang putus asa. Medan pendakian tentu saja tak semulus yang dibayangkan. Disinlah anak dilatih untuk teguh menghadapi segala rintangan selama pendakian, baik itu dari alam maupun cuaca.

Keempat, belajar disiplin waktu, disiplin olah raga, disiplin menjaga pola makan, dan lain sebagainya. Karena itu tidak ada kata malam bagi pendaki.

Ayo mendaki gunung dan rasakan sensasinya.