Aktifitas Home Schooling Yang Disukai Anak Usia Dini

Home Schooling,

Awalnya ketika Dinas Pendidikan pemerintah pusat memberi intruksi agar melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar di rumah,semua pihak yang berada di instansi pendidikan merasa bingung,mereka berpikir apa yang harus dikerjakan untuk diberikan ke anak didik yang berada di rumah masing-masing.

Pada akhirnya tenaga pendidik mulai dari jenjang PAUD,SD,SMP,SMA sampai Perguruan Tinggi mulai memberikan tugas-tugas kepada anak didiknya yg berada dirumah baik itu melalui aplikasi ruang guru sampai via Whats App group kelas masing-masing.

Berbeda dengan tugas kakak-kakak yang berada di jenjang yang lebih tinggi yang mungkin tugasnya bertambah rumit sesuai jenjangnya,akan tetapi untuk tugas adik-adik yang berada di usia dini haruslah bisa menciptakan kenyamanan agar mereka tidak mudah jenuh,sehingga tidak menciptakan istilah STRES DINI.

Dari situ tenaga pendidik anak usia dini merasa tertantang untuk memberikan kegiatan yang membuat anak didik mereka merasa senang meski harus berjauhan cara memantaunya.

Saya salah satu contohnya,saya yang berprofesi sebagai guru TK di YPI AL USWAH Singosari Malang,merasa tertantang juga untuk memberikan pembelajaran home schooling.

Awalnya saya tetap meminta koordinasi dari Orang Tua anak didik untuk bekerjasama mensupport Kegiatan Belajar Mengajar di rumah masing-masing,agar saya tetap bisa memantau perkembangan anak didik saya.

Hari pertama,saya memberi tugas untuk perkembangan Motorik halus dengan Menggambar,Mewarna dan Menulis macam-macam bencana alam,kebetulan saya memegang anak didik tingkat besar,jadi untuk menulis meminta bantuan para orang tua untuk mengeja huruf demi huruf bagi anak yang madih belum mampu menulis kata.Alhamdulillah tugas hari pertama selesai dengan lancar,dengan laporan orang tua meng up load hasil anak didik lewat group WA.

Hari Kedua,saya memberi tugas untuk perkembangan Motorik Kasar,dengan memberikan stimulus berupa video permainan motorik kasar yang saya dapat dari You Tube,dengan catatan meminta video kegiatan melalui via WA.Alhamdulillah hari kedua Home Schooling berjalan lancar.

Hari ketiga,saya memberi tugas untuk perkembangan Kognitifnya,yaitu dengan memberi arahan anak didik dengan bantuan orang tuanya untuk membuat makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi anak dengan memakai pewarna makanan alami seperti hijau dari daun pandan,kuning dari kunyit,merah dari buah naga,coklat dari gula aren dan lain sebagainya.Tugas hari ketiga masih sama,yaitu saya meminta rekaman anak didik saya ketika bereksperimen membuat makanan dan minuman dari pewarna alami.Alhamdulillah tugas hari ketiga lancar jaya,baik anak maupun orang tuanya sangat antusias akan kegiatan SAINS ini.

Hari keempat,saya memberi tugas untuk perkembangan NAM atau Nilai Agama Moral,disini arahan saya yaitu dengan mengirimkan foto dan video anak didik ketika membaca bacaan wudlu’ dan sholat juga ketika mereka mengerjakan wudlu’ dan sholat.Alhamdulillah hari keempat tugas dilaksanakan dengan baik,bahkan beberapa dari mereka mengirimkan juga rekaman video bacaan doa,hadits yang sudah pernah diajarkan ketika di sekolah.

Hari kelima,saya memberi tugas untuk Sosial Emosi anak didik,yaitu dengan memberi arahan mengirimkan foto atau video rekaman ketika mereka melaksanakan tugas mandiri membersihkan tempat tidur dan membantu pekerjaan orang tua ketika dirumah.Alhamdulillah tugas berjalan lancar.

Hari keenam,saya mengasah perkembangan Bahasa mereka dengan satu persatu menghubungi mereka lewat Video Call dengan menanyakan kabar mereka,perasaan mereka ketika melaksanakan home schooling juga menstimulus mereka dengan menanyakan apa sih Virus Corona itu,dan jawaban mereka sangat lucu dan menggemaskan.Mereka menjelaskan virus corona seduai versi mereka dan yang pasti mereka sangat antusias ketika gurunya menghubungi mereka lewat video Call.

Nah,bagi para pendidik lainnya,jangan kita menyerah dengan suatu keadaan,tetaplah memberi inovasi terbaik kalian untuk anak didik kalian,sebab kalian adalah Cover bagi mereka.

Semoga tulisan ini menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk semuanya.

Selamat mencoba dan selamat bertugas untuk seluruh tenaga pendidik di penjuru negri.😍

2 comments