ADA GAMBAR APA DI BENDERA KAMBOJA?

ADA GAMBAR APA DI BENDERA KAMBOJA?

Arfan tampak sedang mengamati sesuatu di mainan puzzel peta dunianya. Berkali-kali ia memutar-mutar salah satu potongan puzzel yang bergambar bendera Kamboja. Tak lama kemudian, anak yang berusia empat tahun itu berlari menghampiri ibunya.

“Bunda, ini gambar apa, sih?” tanya Arfan penasaran.

“Gambar bendera negara Kamboja, Sayang,” jawab bunda.

“Bukan. Gambar yang ini, loh, Bunda.” Arfan menunjukkan gambar yang dimaksud.

Sebuah bentuk bangunan menyerupai candi berada di tengah-tengah bendera yang berwarna biru, merah, biru tersebut. Indah dan megah, begitulah kesan yang tampak dari bentuk bangunan itu.

Bendera Kamboja (sumber gambar: pixabay)

“Oh, ini gambar Angkor Wat, Sayang,” ujar bunda.

“Angkor Wat? Apa itu, Bunda? Arfan belum pernah dengar.”

Teman-teman, apakah sudah mengetahui atau pernah mendengar tentang Angkor Wat? Bila belum, yuk, kita baca sama-sama!

Angkor Wat (sumber gambar: pixabay)

Angkor Wat, merupakan gugus bangunan candi di negara Kamboja yang berdiri di atas situs seluas 1.626.000 m2 (162,6 hektar). Bangunan ini  terdiri dari sejumlah candi, struktur hidrolik (cekungan, tanggul, waduk, kanal), serta rute komunikasi. Orang pertama yang berhasil mengungkap keberadaan candi ini adalah orang Perancis pada tahun 1860. Ia bernama Henri Mahout, seorang ahli tumbuhan.

Arti nama dari Angkor Wat adalah Kota Kuil. Angkor adalah bentuk perubahan dari kata nokor yang berasal dari kata nagara dalam bahasa Sansekerta yang berarti ibu kota atau negara. Wat adalah istilah dalam bahasa Khmer untuk kuil atau candi.

Terletak di dataran Angkor, provinsi utara Siem Reap, Kamboja, Angkor Wat menjadi candi terbesar di dunia. Candi ini dibangun oleh Raja Khmer Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12. Angkor Wat berfungsi sebagai candi negara sekaligus tempat persemayaman abu jenazahnya.

Candi ini terbangun dari sekitar 5 – 10 juta batu yang diketahui berasal dari tambang batu di gunung sekitar area Angkor Wat, Gunung Kulen. Bongkahan batu berukuran sangat besar, bahkan ada yang mencapai berat 1500 kg.

Angkor Wat terdiri dari tiga lantai yang di atasnya terdapat lima menara tinggi dengan candi-candi kecil. Ukiran-ukiran indah yang terpahat di atas batu dapat kita temui di sekeliling bangunannya. Angkor Wat memadukan dua rancangan pokok arsitektur candi Khmer, yakni rancangan candi gunungan dan rancangan candi berserambi. Bangunan ini melambangkan ciri keagamaan Hindu dengan menara utama melambangkan Gunung Meru. Gunung ini merupakan pusat seluruh kegiatan menurut ajaran agama Hindu.

Pada awalnya, kuil itu dibangun sebagai penghormatan kepada Dewa Wisnu dalam Agama Hindu. Tapi, pada abad 14, kuil digunakan oleh penganut agama Budha. Pada tahun 1992, Angkor Wat masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Tahukah teman-teman bahwa Kamboja merupakan satu-satunya negara di dunia yang menggunakan simbol bangunan pada bendera negara? Simbol Angkor Wat digunakan sebagai lambang bendera karena Angkor Wat sangat dibanggakan oleh warga Kamboja.

Nah, teman-teman, sekarang kita sudah tahu gambar apa yang ada di bendera Kamboja, dan juga sudah mengenal tentangnya. Wah, ternyata banyak sekali bangunan bersejarah di dunia, ya.

Sumber:

Putri, Danasti Permata. 2017. Angkor Wat, Candi Terbesar di Dunia. https://bobo.grid.id/read/08674053/angkor-wat-candi-terbesar-di-dunia. Diakses 14 Juli 2020

Octaviani, Lusiana. 2012. Misteri Pembangunan Angkor Wat Terungkap. https://sains.kompas.com/read/2012/11/02/17120796/Misteri.Pembangunan.Angkor.Wat.Terungkap. Diakses 14 Juli 2020