7 Ramuan Ajaib Membuat Judul Tulisan Keren

7 Ramuan Ajaib Membuat Judul Tulisan Keren

Sobat writer. Pernah sudah selesai menulis naskah sampai beres tetapi merasa judul tulisan kurang gereget? Atau bahkan bingung mau memberi judul apa yang “wah”, “bombastik”, “viral” dan bla … bla ….

Nah daripada bingung sendiri, mending bingung bareng-bareng. Haha. Nggak, kok. Bercanda. Ada sedikit ramuan ajaib untuk kalian semua, nih. Tapi jangan bilang siapa-siapa, ya? Karena ini “rahasia”.

  1. Maksimal 7 kata. Jangan panjang-panjang kalau nulis judul. Maksimal 7 kata saja. Cari kata-kata yang sangat mewakili isi tulisan. Contoh : Senja Semakin Merah, Badai Pasti Berlalu, Ada Pelangi Setelah Hujan.
  2. Gunakan judul yang unik. Buat penulis pemula, judul yang biasa-biasa saja kadang tidak akan sering menarik perhatian pembaca yang belum mengenali kita. Jadi supaya menarik minat pembaca, cari judul yang unik. Contoh : Rectoverso, Perahu Kertas.
  3. Membuat penasaran. Cari judul-judul yang membuat calon pembaca berhenti sejenak saat membaca judul tulisan kita dan tergerak untuk membacanya lebih jauh lagi. Contoh : Perempuan ke-12, Jari Kelingking Bapak.
  4. Gunakan bahasa asing. Seorang penulis terkemuka Indonesia, Asma Nadia, di salah satu kelas menulis bersama beliau pernah membahas hal ini. Menurutnya, bukan masalah kalau kita menggunakan kata-kata dalam bahasa asing sebagai judul tulisan. Contoh : Stop Phubbing, My Big Teacher, Puppy Love.
  5. Mempergunakan nama tokoh dalam cerita. Sah-sah saja kalau kita ingin memakai nama tokoh utama di dalam cerita sebagai judul tulisan. Contoh : Dua Fatimah, Siti Nurbaya, Keyakinan Baihaqi.
  6. Singkat namun bermakna dalam. Kadang ada penulis yang suka membuat judul-judul singkat. Contoh : Selepas Hujan, Keajaiban Sedekah, Ikhlas.
  7. Tidak mudah ditebak. Membuat judul yang membuat pembaca sulit untuk menebak bagaimana isi ceritanya. Biarkan pembaca mengernyitkan alis mereka saat membaca judul tulisan kita dengan ekspresi seolah bertanya-tanya tentang apakah isi tulisan yang dibuat. Contoh : Supernova, Trilogi Bumi Air dan Angin.
  8. Terakhir. Selamat membuat judul tulisan yang oke, sobat writer.

rumahmediagrup/rheailhamnurjanah

6 comments