6 Drakor Kuliner, Langsung Lapar Nontonnya

6 Drakor Kuliner, Langsung Lapar Nontonnya

drakor kuliner
design by canva. Gambar dari asianwiki

Assalamualaikum sobat web nulis bareng rumedia, semoga semuanya dalam keadaan sehat dan bahagia ya, aamiin.

Inilah salah satu yang menurut saya kelebihan dari drama Korea (drakor). Mereka bisa memasukkan unsur budaya, kuliner, sejarah, bahkan tren busananya lewat sebuah sinetronnya. Kita anggap saja kalau drakor itu sinetron versi Korea ya, sobat Rumedia.

Kali ini, saya mau mencoba membahas, sinetron versi Korea yang mengangkat tema atau promosi soal kuliner atau makanan Korea. Saya akan mencoba menapak tilas dari drakor kuliner yang pertama kali, saya lihat. Oke, mau tahu apa sajakah drama Koreanya? Silakan terusin bacaannya di sini

1. Jewel in The Palace atau Jang Geum

drakor kuliner Jang geum
Gambar dari asianwiki

Drakor bertema sageuk atau sejarah atau kerajaan ini bercerita tentang seorang dayang wanita bernama Jang Geum. Ia bercita-cita menjadi dokter wanita tapi dalam prosesnya, Jang Geum sempat menjadi koki untuk mempelajari makanan-makanan atau minuman-minuman yang bisa berkhasiat untuk obat.

2. King of Baking atau Bread, Love, and Dream

drakor kuliner king of baking
Gambar dari asianwiki

Setelah Jang Geum, saya baru nonton drakor tema kuliner itu ya, King of Baking. Bercerita tentang seorang laki-laki bernama Kim Tak Gu, yang suka membuat roti dan bercita-cita ingin menjadi koki roti terkenal. Ternyata dalam perjalanannya, ia mengetahui kalau dia adalah anak seorang pengusaha roti kaya raya.

Jalan ceritanya, mampu membuat air mata saya meleleh waktu itu. Jadilah, selain menikmati berbagai keindahan soal roti, saya pun suka sama jalan ceritanya yang mampu membuat banjir air mata.

3. Let’s Eat (The Series)

drakor kuliner let's eat the series
let’s eat season 1 sampai 3. Gambar dari asianwiki

Salah satu drakor yang langsung membuat saya lapar, ketika menontonnya. Semua jenis makanan Korea, kayaknya ada di dalam drakor ini. Jalan ceritanya sederhana, soal cerita cinta yang dialami oleh seorang laki-laki bernama Go Dae Young. Ia yang berprofesi sebagai penjual asuransi sekaligus bloger makanan terkenal.

Setiap Go Dae Young memposting ‘piring kosong’ nya di blog, seketika itu restoran yang direview-nya bisa banjir pengunjung atau sepi pengunjung. Pokoknya pendapat bloger terkenal ini kalau soal makanan pasti selalu ditunggu. Sobat Rumedia, kalau nonton pasti langsung lapar melulu bawaannya, hehehe.

4. Oh My Ghost

drakor kuliner oh my ghost
Gambar dari asianwiki

Drakor ini sebenarnya bergenre hantu-hantuan, tapi dikemas dengan cerita kuliner yang mengunggah selera makan, bagi pemirsanya. Walaupun ada hantunya, tapi ceritanya termasuk lucu dan karena banyak sajian makanannya, jadilah langsung lapar kalau menontonnya.

Bercerita soal Na Bong Sun, seorang asisten chef yang sudah lama bermimpi ingin jadi chef terkenal. Tapi karena dia begitu pemalu, jadilah dia tidak maju-maju dalam pembelajaran menjadi chef. Rasa malu itu ditambah ketika ia jatuh cinta dengan kepala chef-nya yang bernama Kang Sun Wo.

Tapi semua sikap Na Bong Sun, berubah setelah ia bertemu dengan seorang hantu perawan bernama Shin Soon Ae. Dari hantu itulah Na Bong Sun belajar menjadi orang yang percaya diri dan tidak terlalu pemalu lagi.

5. Chocolate

drakor kuliner chocolate
Gambar dari asianwiki

Walaupun judulnya Chocolate, tapi makanan yang ditampilkan dalam drakor ini cukup bervariasi. Ada makanan versi Korea yang jarang diungkapkan sebelumnya dan ada juga makanan versi eropa yang kalau dilihat langsung bikin lapar.

Berkisah tentang Moon Cha Young yang berjumpa kembali dengan cinta pertamanya yang hilang, Lee Kang. Bagaimana Moon Cha Young berusaha menghangatkan kembali hati Lee Kang yang dingin karena kematian ibunya lewat makanan enak, bikin pemirsa lapar sekaligus baper, hehehe. Drakor ini juga bisa bikin air mata, meleleh, jadi siapkan tisu, ya Sobat.

6. Sweet Munchies

drakor kuliner sweet munchies
Gambar dari asianwiki

Drakor Sweet Munchies ini masih on going atau sedang tayang. Bercerita tentang seorang koki pria bernama Park Jin Sung yang bercita-cita ingin memiliki kafe atau restoran dengan menu-menu buatannya sendiri. Tapi, karena sangat ayah kecelakaan, dia pun harus meminjam uang ke rentenir dan menggadaikan kafenya. Agar melunasi hutangnya, dia pun ikut acara televisi bertema masak-masak.

Oleh karena, drakor ini masih tayang, jadilah masih banyak makanan nan akan disajikan di dalamnya, selain konflik cerita yang juga semakin seru pastinya.

Itulah 6 drakor kuliner yang pas nontonnya, langsung bikin lapar. Kali saja, Indonesia bisa belajar juga dari Korea soal promosi makanan lewat sinetron. Kali saja bisa melestarikan jajanan tradisional kita, iya kan?

Nubar-Nulis-Bareng/Lithaetr

2 comments