3 Perjuangan Ibu Zaman Now

3 Perjuangan Ibu Zaman Now

perjuangan
3 perjuangan Ibu Zaman now

Assalamualaikum sobat web nulis bareng rumedia, semoga semuanya dalam keadaan sehat dan bahagia ya, aamiin.

Semenjak menjadi ibu, saya merasa punya banyak ketakutan, salah satunya takut tidak bisa mengarahkan anak-anak sesuai fitrahnya. Secara anak-anak sekarang ini adalah generasi digital, yang secara naluriah mereka sudah diciptakan untuk menjadi mahir dengan teknologi. Tentu saja perkembangan teknologi ini pasti tetap ada positif dan negatifnya.

Oleh karena itu, mendidik anak-anak generasi digital inilah yang menjadi perjuangan ibu-ibu zaman now. “Didiklah anak-anak sesuai zamannya kelak,” kata Kahlil Gibran ini menjadi kunci utama mempersiapkan anak-anak agar bisa beradaptasi dalam kehidupannya kelak. Tak mungkin kita sebagai orang tua akan selalu mendampingi mereka. Anak-anak perlu tahu bagaimana cara bertahan hidup.

Dari situlah saya merasa, ibu-ibu zaman now perlu perjuangan dalam mendidik serta mendampingi anak-anaknya. Setidaknya ada 3 hal yang sangat penting untuk kita perhatikan. Apa sajakah itu? Yuk, tetap disimak penuturannya di sini.

1. Jangan sampai kecanduan gadget

gadget
Kecanduan gadget

Jika zaman ibu-ibu kita dulu, anak-anak dibekali bagaimana cara bersosialisasi dengan orang lain. Secara anak-anak zaman dulu, lebih banyak bermain bersama teman-temannya di lapangan luas. Iya, dahulu saat kita masih anak-anak lahan bermain masih banyak, jadilah ibu-ibu kita membekali diri ini tentang sopan santun, adab berteman, dan menjaga diri saat bermain.

Tapi di era kekinian, bekal seperti itu tidak lagi cukup. Sekarang era teknologi informasi sudah sangat berkembang, semua dipermudahkan secara online. Tak bisa dipungkiri secara sadar atau tidak, anak-anak sedikitnya telah terpapar gadget. Makanya perjuangan ibu-ibu zaman now itu adalah mencegah anak-anaknya dari kecanduan gadget.

2. Membudidayakan membaca

budaya membaca
Membudidayakan membaca

Karena kemajuan teknologi informasi, budaya membaca pun semakin tergerus. Jadilah ibu-ibu zaman now perlu berjuang kembali dalam membudidayakan membaca bagi anak-anaknya.

Setidaknya kita juga perlu belajar dari Finlandia, negara yang saat ini menduduki peringkat sebagai negara pendidikan terbaik di dunia. Finlandia bisa mendapatkan predikat tersebut, salah satunya membudidayakan membaca.

3. Memberikan idola teladan terbaik

Muhammad
Hadirkan

Miris jika anak-anak tidak mengenal siapa idola teladan terbaik yang harus mereka jadikan contoh. Dekatkanlah anak-anak dengan pahlawan nyata yang memang membuat perubahan nyata dalam kehidupan, dengan perjuangannya.

Itulah 3 perjuangan ibu-ibu zaman now, yang perlu diperhatikan saat ini. Semoga semua ibu-ibu bisa dipermudah dalam mendidik serta mendampingi anak-anaknya, agar memiliki keahlian bertahan hidup di zamannya kelak, aamiin.

Nubar-Nulis-Bareng/Lithaetr

One comment