10 Tips Berbelanja di Big Bad Wolf ala Walidah Ariyani

Dokumen Walidah Ariyani

10 Tips Berbelanja di Big Bad Wolf ala Walidah Ariyani

Facebook Big Bad Wolf Books

Big Bad Wolf atau biasa disingkat dengan BBW adalah bazar buku terbesar di dunia. Ada banyak beragam buku di sana dari buku seni budaya, novel, fiksi, roman, sastra, graphic novel, bisnis, arsitektur, memasak, fashion, dan lain-lainnya.

Untuk Anda penyuka buku, acara ini layaknya tambang emas. Apalagi buku yang ditawarkan adalah buku-buku berkualitas bahkan buku-buku premium yang harganya jutaan bisa didapat dengan harga ratusan ribu.

Buku dengan harga ratusan ribu dapat dimiliki hanya dengan puluhan ribu. Bagaimana, tertarik bukan?

Untuk Kalimantan Timur sendiri ini adalah BBW pertama yang diadakan dengan mendatangkan 1 juta buku yang menggunakan 10 kontainer ke gedung BSCC (Balikpapan Sport and Convention Center). Woow! Amazing dan dapat dibayangkan berapa banyak buku mengisi stan-stan di dalam gedung.

Dokumen Walidah Ariyani

Saat berbelanja saya iseng bertanya kepada penjaga stannya. “Apakah BBW akan diadakan lagi di Balikpapan?”

“Jika respon dan antusiasme masyarakat besar, kemungkinan untuk ada lagi acara serupa tidak akan menutup kemungkinan.”

Saya pun meng-aamiin-kan.

Nah, dari pengalaman pertama saya ke BBW kemarin, ada beberapa tips yang boleh jadi diikuti :

  1. Siapkan fisik untuk berebut berjejalan dengan pengunjung lain, kaki untuk terus berkeliling, dan ketajaman mata untuk mencari buku.
  2. Siapkan mental untuk bisa bersabar antre atau menahan nafsu agar tidak khilaf saat berbelanja. Hal ini akan sangat membantu menjaga kewarasan pikiran dan dompet Anda dari kecolongan tak keruan.
  3. Sebelum ke BBW buat list buku yang hendak dibeli. Hal ini akan memudahkan dan mempersingkat waktu untuk memilih buku di antara sekian banyak tumpukan buku menarik lainnya. Selain itu Anda juga dapat fokus dan mengurangi kekalapan berbelanja.
  4. Jika tidak sempat membuat list, maka ambillah buku-buku menarik saat pandangan pertama. Masukkan ke dalam keranjang. Sebelum ke kasir sortir lagi buku-buku tersebut untuk bisa memilih dan memilah mana yang memang sesuai keinginan, kebutuhan dan tentunya budget.
  5. Jika Anda ke BBW bersama anak-anak. Jangan sampai lupa untuk memperhatikan mereka, karena banyaknya orang akan membuat Anda mudah kehilangan jejak mereka dan hal yang paling tidak diharapkan adalah anak-anak bisa merusak buku sampel dan buku lainnya. Hal ini telah saya saksikan sendiri, ada anak-anak yang tidak diawasi dan mereka merobek isi buku di BBW. Tragis kan?
  6. Jika mau membeli buku bazar dengan pilihan yang wah dan oke punya. Datanglah di hari pertama hingga ke empat, di mana stok buku masih banyak tersedia.
  7. Datanglah di hari terakhir bazar, jika Anda menginginkan harga buku yang after day. Artinya harga buku akan turun sangat drastis dari harga aslinya. Bahkan ada yang harga aslinya 350 k dapat dibeli dengan harga 20-30 k. Luar biasa bukan hematnya? Tapi, stok buku sudah banyak habis.
  8. Lihat bank apa yang menjadi sponsor. Kenapa? Karena biasanya akan ada diskon dan voucher besar-besaran dari sponsor tersebut jika Anda menggunakan bank yang sama.
  9. Gunakan kartu kredit atau debit untuk pembayaran di kasir. Hal ini akan mempersingkat waktu belanja Anda daripada sibuk mencari uang pas atau kembaliannya. Karena di bazar kemungkinan tidak ada permen pengganti kembalian hehe.
  10. Ingat! Bawa kantong belanja untuk mengurangi penggunaan plastik.

Nah, itu tadi tips berbelanja di BBW ala saya. Anda bagaimana?

rumahmediagroup/walidahariyani

3 comments